Tuesday, 7 May 2024
HomeKota BogorKirim 10 Bus di Aksi 313, Massa dari Bogor Sesaki Ibukota

Kirim 10 Bus di Aksi 313, Massa dari Bogor Sesaki Ibukota

BOGOR DAILY Massa yang berasal dari luar daerah kembali menyesaki Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, dalam aksi 313. Tak terckecuali, massa dari Bogor. Sedikitnya 10 bus dikirim dari  untuk ikut aksi 313. Rencananya, beres solat berjamaah, mereka melanjutkan dengan aksi long march, menuju Istana Merdeka dengan tuntutan agar Presiden Joko Widodo segera mencopot status Ahok sebagai gubernur DKI Jakarta.

Massa Aksi 313 sejak Kamis (30/3) sudah berdatangan menuntut Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dicopot dari jabatan gubernur DKI Jakarta. Tak hanya ormas islam saja yang ikut dalam aksi ini, sejumlah kelompok mahasiswa juga ikut dalam demo lanjutan tuntut Ahok dipenjara.

Di Kota Bogor, Ketua GNPF-MUI Kota Bogor Ius Khaerunisa mengatakan ada lima bus yang diberangkatkan untuk membawa massa ke . Sebagian ada yang sudah berangkat pada Kamis (30/3) tadi malam. Dan sebagian lainnya ada yang berangkat, Jumat (31/3) pagi, hari ini

“Ada beberapa yang berangkat untuk aksi besok dengan menggunakan bus, dan ada juga masyarakat yang nantinya menggunakan transportasi umum lainnya,” ujarnya saat dihubungi Metropolitan.

Massa yang berangkat berasal dari beberapa DKM masjid dan ormas islam. Sedikitnya, ada sekitar 1000 orang lebih yang ikut merangsek ke Jakarta dari Kota Bogor

“Memang tidak sebanyak aksi yang dulu, tetapi 1000 orang dari Bogor sepertinya bisa,” terangnya.

Kabag Ops Polresta Bogor Kota, Kompol Tri Suhartanto mengatakan, telah menyiapkan personil 300 anggota untuk bersiaga di beberapa titik. Mulai dari  stasiun, terminal, gerbang tol dan Masjid Raya Bogor.

Tri mengaku tidak bisa melarang massa untuk pergi berunjuk rasa.

“Intinya kami tidak bisa melarang ya, tapi kami mengimbau kepada rekan-rekan agar tidak perlu berangkat ke Jakarta untuk aksi besok, di rumah saja dan berdoa semoga semua berjalan lancar,” kata usai apel pengamanan jelang aksi 313 di Mapolresta Bogor Kota, Kamis (30/3/2017).

Meksi begitu, lewat pengamanan petugas, pihaknya akan tetap merazia setiap massa yang menuju .

“Kenapa di stasiun, karena biasanya akan ada masyarakat yang tidak terangkut menggunakan bis dan memilih berangkat menggunakan kereta. Untuk berapa jumlah massa yang akan berangkat dari Bogor, kita belum bisa sebut jumlahnya,” imbuhnya.

Sementara itu, di Kabupaten Bogor juga sejumlah ormas sudah menyiapkan 5  armada untuk mengangkut massa ke DKI Jakarta.   Di antaranya massa dari FPI Megamendung yang diprediksi berjumlah 30 orang akan berangkat dengan konvoi tiga kendaraan roda empat, ormas Persis yang berkumpul di Masjid AL-Huda Citeureup juga ikut berangkatkan jemaahnya.

Massa ini belum ditambah dengan jamaah Masjid AL-Kautsar  yang sudah menyiapkan dua bus.  Serta, jamaan Masjid Darusalam berjumlah dua bus.

Jika ditotal, maka 10 bus dari wilayah Bogor bakal ikut memadati aksi 313.

“Kami sudah menyiapkan pasukan sebanyak 600 personel kepolisian ditambah personel dari TNI disiagakan di beberapa titik keramaian di Kabupaten Bogor,”kata Kabag Ops Polres Kabupaten Bogor, AKP Mujianto

Terpisah, Polda Metro Jaya juga sudah mendeteksi sebanyak 2.500 warga Bogor yang ikut merangsek, meramaikan aksi 313 di Jakarta.  “Jumlahnya mencapai 2.500 orang ya. Ini informasi yang kami terima dari intelijen,” kata Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan (bd)