Thursday, 25 April 2024
HomeNasionalRem Blong, Bus Tabrak Angkot dan Pengendara Bermotor 3 orang Tewas

Rem Blong, Bus Tabrak Angkot dan Pengendara Bermotor 3 orang Tewas

BOGORDAILY – Tiga tewas dan satu luka berat akibat bis PO Primajasa jurusan Garut-Jakarta menabrak angkutan kota dan 5 sepeda motor di turunan Ciganea, Purwakarta, Senin, 13 Maret 2017.

Keterangan yang diteperoleh Tempo, Senin, 13 Maret 2017, menyebutkan tiga korban tewas langsung dievakuasi ke rumah sakit umum daerah Bayu Asih, Purwakarta.
“Tapi, identitas semua korban belum kami dalami,” kata Kepala Unit Lalu-lintas Polres Purwakarta, Inspektur Dua Udin Samosir, saat ditemui di lokasi kejadian.

Peristiwanya sendiri terjadi sekitar pukul 08.05 WIB. Ada pun penyebabnya, jelas Udin, sesuai hasil pemeriksaan saksi penumpang, “Akibat rem blong.”

Saat memasuki turunan sebelum jembatan Cikao, ujar Udin, bis trayek Bandung-Jakarta itu sudah memencet klakson beberapa kali. Tetapi karena di jalur yang akan dilewatinya banyak kendaraan, sopir akhirnya nekad melakukan tindakan kontra flow. Tabrakan beruntun pun tak bisa dihindarkan. “Angkot dan lima motor terseret sampai 40 meteran,” tutur Udin.

Polisi sampai berita ini dikirimkan belum bisa memeriksa pengemudi Primajasa karena melarikan diri akibat ketakutan dikeroyok massa. “Kamil masih melakukan upaya pengejaran,” imbuh Udin.

Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi, yang datang ke lokasi kejadian menuding rem blong yang dialami bis Primajasa diduga karena manajernya salah urus.

Kepala Perwakilan PT Jasa Marga Purwakarta, Vanky, berjanji akan mengurus pembiayaan korban meninggal dunia dan luka berat. “Yang meninggal, santunnanya Rp 25 juta per orang. Dan yang luka berat dapat biaya perawatan dengan nilai klaim Rp 10 juta per orang,” ujarnya.(Tempo)