Wednesday, 24 April 2024
HomeKabupaten Bogor14 Investor Rebutan Proyek Hotel Rp36,3 Miliar di Cibinong

14 Investor Rebutan Proyek Hotel Rp36,3 Miliar di Cibinong

BOGOR DAILY–  Proses pembangunan hotel bintang tiga milik PT Wisata Kabupaten Bogor terus bergulir di Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa (BLPBJ) Kabupaten Bogor. Informasinya, sebanyak 14 perusahaan tengah bersaing memperebutkan pembangunan hotel yang menelan pagu anggaran sebesar Rp36,3 miliar tersebut.

Direktur Utama PT Wisata Supriadi Jufri mengatakan, hingga kini proses masih tahap pembuktian dokumen. Dari 189 perusahaan yang mendaftar, yang melakukan uploading sebanyak 14 perusahaan. “Dari 14 perusahaan itu juga sudah kelihatan mana yang bisa diverifikasi dan tidak. Kemungkinan hanya ada enam perusahaan saja yang akan lanjut,” kata Supriadi.

Menurut Supriadi, namun enam perusahaan ini masih perkiraan sementara dan masih memungkinkan perusahaan dapat bertambah. Sehingga, pihaknya masih menunggu ke-14 perusahaan melengkapi berkas dokumen asli mereka. Seperti, ijazah, surat keterangan keahlian dan lain sebagainya. “Kita tunggu saja mereka menunjukkan dokumen aslinya,” ucap dia.

Namun demikian, Supriadi meyakinkan kalaupun pada akhirnya proses kali ini hanya ada satu pemenang yang sesuai persyaratan, proses tetap dilanjutkan. Sebab sesuai aturan, hal tersebut diperbolehkan. “Karena ini yang kedua dan sebelumnya pernah gagal ya harus jalan. Kita berharap makin cepat makin bagus. Kalau proses tetap ada di ULP,” yakinnya.

Jika terdapat pemenang atau perusahaan yang bisa menunjukkan dokumen, maka tahap selanjutnya langsung beauty contest atau design and build. Sehingga ketika calon perusahaan telah mengajukan design dan dinyatakan menang, secara otomatis ia juga yang harus membangun hotel yang diminta . Konsep tersebut dilakukan agar dapat selaras dengan disain yang dibuatnya. “Biasanya kan perencana dan konstruksi itu berbeda. Namun kalau hotel ini hanya ada satu, kita buat satu paket,” jelasnya.

Dengan design and build tersebut, tambahnya, pengusaha tak hanya dituntut mengajukan desain sebagus mungkin, tetapi mereka juga harus bisa menjalankan konstruksinya. “Itu yang akan kami terapkan melalui design and build ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BLPBJ Kabupaten Bogor Budi Cahyadi Wiryadi memastikan jika proses pembangunan hotel masih berjalan ” Belum selesai, masih berjalan”tandasnya (bd)