Wednesday, 24 April 2024
HomeBerita28.689 Siswa SMK Bogor Ikuti UNBK, PLN: Listrik Aman

28.689 Siswa SMK Bogor Ikuti UNBK, PLN: Listrik Aman

BOGOR DAILY– Hari ini, sebanyak 28.689 siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memulai Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) serentak.

Di Kota Bogor, 98 SMK menggelar ujian ini dengan jumlah siswa 11.161 orang.

Sekretaris Dinas Pendidikan (Sekdisdik) Kota Bogor, Fahrudin, Pelaksanaan UNBK sudah dipersiapkan sejak beberapa tahun ke belakang. Menurutnya, pelaksanaan UNBK juga lebih efisien, tidak perlu melakukan pengawalan distribusi soal dari percetakan ke sekolah, dan dapat menghindari kebocoran soal.

“Yang pasti UNBK ini para siswa tidak bisa berbuat curang,” tegasnya.

Sejumlah sekolah telah melakukan persiapan sejak pekan lalu. Seperti halnya SMK Negeri 1 Bogor. Wakil Kepala Sekolah Kesiswaaan smk 1 Bogor memastikan sudah menyiapkan seluruh peralatan untuk pelaksanaan UNBK, Senin (¾) hari ini.

“Sudah siap, jaringan internet, fasilitas komputer, hingga singkronisasi, tinggal pelaksanaannya saja,” ujar Solihin.

Berkaca dari UNBK tahun lalu, menurut Solihin  dalam pelaksanaan UNBK sendiri belum pernah terjadi adanya hambatan-hambatan yang mengganggu pelaksanaan ujian.

Hanya saja dirinya mewanti-wanti akan matinya listrik secara tiba-tiba. “Insya Allah support, semoga listriknya tidak mati dan lancar seperti tahun lalu. Dan siswa bisa ujian dengan tenang,”ujarnya

Sementara itu di Kabupaten Bogor terdapat 156 SMK yang mengikuti UNBK dengan jumlah siswa mencapai 17.522 orang. Total, di wilayah Bogor terdapat 254 SMK yang mengelar UNBK dengan jumlah siswa mencapai 28.689 orang.

Sedangkan, untuk pengawasnya ada sebanyak 1.288 orang yang akan mnegawasi jalannya UNBK di sekolah. Ini terdiri dari  640 pengawas di Kota Bogor dan sisanya 648 di Kabupaten Bogor.

Manager Area Bogor Widodo  memastikan keamanan untuk pasokan listrik selama ujian berlangsung. Apalagi, pelaksanaan UNBK ini tahun kedua dilakukan.

“Ya, sudah disiapkan semuanya. Insyaallah semuanya aman,”kata Widodo

Ia mengatakan selama tiga bulan lalu pihaknya juga telah melakukan gelar peralatan dan Sumber Daya Manusia (SDM)

“Semuanya akan siaga jadi personilnya pun sudha siap untuk besok,”tandasnya (bd)