Thursday, 28 March 2024
HomeBeritaAsteroid Raksasa Melintasi Bumi Saat Pilkada DKI 19 April

Asteroid Raksasa Melintasi Bumi Saat Pilkada DKI 19 April

BOGOR DAILY- Sebuah asteroid besar akan melintas dekat bumi. Batu angkasa yang dikenal dengan nama JO25 pada tahun 2014 ini akan melintas dengan aman.

Dikutip dari CNN yang mengutip NASA, Minggu (9/4/2017), asteroid tersebut diperkirakan melintas dekat bumi pada tanggal , saat Pilkada DKI Jakarta putaran kedua berlangsung.
“Meski tak ada kemungkinan untuk asteroid itu menabrak planet kita, ini akan menjadi titik terdekat sebuah asteroid sebesar itu dengan bumi,” kata NASA dalam pernyataannya yang dikutip CNN.

NASA memperkirakan ukuran asteroid yang akan melintas itu sekitar 2.000 kaki atau 650 meter. Ini merupakan ukuran yang cukup besar bagi sebuah asteroid yang merupakan pecahan benda langit.

Sementara itu jarak antara asteroid itu dengan bumi diperkirakan sepanjang 1,8 juta kilometer. Jarak ini sama dengan 4,6 kali jarak antara bumi dengan bulan.

Meski banyak asteroid lain yang berukuran lebih kecil melintas dengan jarak yang lebih dekat dari ini, tetapi ini merupakan jarak terdekat asteroid sebesar itu dengan bumi. Setidaknya selama 13 tahun terakhir.

Asteroid ini nantinya hanya dapat dilihat menggunakan teleskop. Asteroid memiliki permukaan yang dapat memantulkan sinar sehingga memungkinkan untuk dilihat menggunakan teleskop. (cn/bd)