Saturday, 20 April 2024
HomeKabupaten BogorBangun Terminal Jonggol, Dishub Ajukan Duit Rp7 Miliar

Bangun Terminal Jonggol, Dishub Ajukan Duit Rp7 Miliar

BOGOR DAILY– Pemerintah Kabupaten Bogor berencana membangun terminal baru di kawasan Jonggol, Kabupaten Bogor. Kepala Bidang Angkutan pada Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor, Dudi Rukmayadi mengatakan, rencana pembangunan itu sudah melalui beberpa tahapan, mulai Fasibility Study (FS), pembebasan lahan hingga membuat Desain Engenering Detail (DED).

Bahkan pihaknya juga telah membebaskan tanah seluas 300 meterpersegi. “Iya, tahun ini dilakukan pembebasan lahan, jadi titik lokasinya itu antara pasar hewan dan pasar jonggol,” ujar Dudi.

Menurutnya, pembangunan merupakan bagian dari rencana startegis Pemerintah Kabupaten Bogor untuk memudahkan  transportasi bagi masyarakat.

Saat ini, di Kabupaten Bogor sudah memiliki enam terminal seperti terminal Cibinong, Leuwiliang, Bojonggede, Cileungsi, Jasinga, dan Laladon.

“Kalau itu sudah jadi, terminal di kami ini menjadi ada tujuh,” katanya.

Pembangunan akan masuk dalam perencanaan ditahun 2018 nanti dengan anggaran yang diajukan sebesar Rp 7.043.323.000 untuk dibahas oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD). “Anggaran yang diajukan itu bwrdasarkan hasil kajian DED yang dilakukan oleh konsultan,” terangnya.

ini rencananya tidak hanya untuk menampung mobil angkutan trayek Kabupaten Bogor saja.

Namun, juga bisa menampung kendaraan angkutan yang rutenya melintas di jalur Transyogi. “Kalau pengajuan anggarannya disetujui, tahun depan tinggal proses lelang,” tukasnya. (bd)