Friday, 19 April 2024
HomeKota BogorJakarta Memilih, Ini Titik yang Dijaga Polisi di Bogor

Jakarta Memilih, Ini Titik yang Dijaga Polisi di Bogor

BOGOR DAILY– Ratusan personel gabungan TNI/Polri dikerahkan untuk membantu pengamanan wilayah perbatasan Jakarta-Bogor. Hal itu menyusul kabar adanya Tamasya Al Maidah dalam perhelatan DKI Jakarta.

Kabag Ops Polresta Bogor Kota, Kompol Tri Suhartanto memaparkan, sebanyak 700 personel gabungan disiagakan untuk pengamanan di wilayah perbatasan Kota Bogor. Mereka akan disebar di sejumlah titik akses keluar Kota Bogor menuju Jakarta.

”Penempatan personil dilakukan di titik-titik keluar masuk, baik dari Kota maupun Kabupaten Bogor. Intinya kami siaga,” ungkap Tri

Dalam paparan rapat koordinasi di Mapolresta Bogor Kota, kata dia juga, terdapat sejumlah titik penempatan personel di antaranya Jalan Jakarta-Bogor, Simpang Ciawi, Simpang Yasmin, Simpang Bubulak, serta akses keluar masuk Tol Lingkar Luar Bogor.

”Pengamanan ketat juga dilakukan di Terminal Baranangsiang serta Stasiun Bogor. Atau ada titik keramaiam lainnya,” tambahnya. Tri juga menjelaskan, pihaknya belum mengetahui jumlah massa dari Kota Bogor yang akan berangkat ke Jakarta. Pihaknya mengimbau masyarakat agar tidak mengikuti aksi tersebut.

”Penempatan personil akan dimulai hari ini. Hingga mereka siaga pada hari esok, untuk jumlah pesertanya masih belum diketahui,” katanya.

Sementara itu, Kapolres Bogor AKBP Andi Muhammad Dicky mengatakan, ada sekitar 2.600 personel aparat hukum gabungan dari polisi, TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan yang akan mengamankan daerah-daerah rawan.

”Kami mengharapkan Pilgub DKI tak terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Namun kami dari kepolisiam, TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor bersiap agar ricuh tidak menjalar ke Bumi Tegar Beriman,” paparnya.

Pria asli Sulawesi Selatan ini mengimbau agar warga Kabupaten Bogor untuk tidak ke Jakarta dan tidak melakukan gangguan ketertiban umum. ”Aparat hukum gabungan ini kami tempatkan di perbatasan provinsi, kabupaten-kota, terminal bus dan stasiun KRL. Kita all out menjaga situasi keamanan dan kenyamanan masyarakat Kabupaten Bogor,” sambungnya.

”Kami yakin masyarakat Kabupaten Bogor bisa menjaga ketertiban umum, dan Kepolisian mengimbau agar mereka tidak melakukan gangguan ketertiban umum terutama saat Pilgub DKI Jakarta,” terangnya.

Komandan Kodim 0621 Letkol Infantri Fransesco Lopez melanjutkan selain mengamankan wilayah Kabupaten Bogor, jajarannya juga diterjunkan ke ibu kota untuk mengamankan Pilgub DKI Jakarta.

”Ini Pilgub DKI Jakarta dan bukan urusan warga Kabupaten Bogor. Jadi saya imbau agar masyarakat berpikir cerdas dan mari kita ciptakan situasi yang kondusif,” tandasnya