Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaJelang May Day, Upah Buruh Masih Diprotes

Jelang May Day, Upah Buruh Masih Diprotes

BOGOR DAILY Menjelang hari pada 1 Mei mendatang, sejumlah anggota dari Konvergensi Indonesia berkumpul di Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta. Mereka akan mempersiapkan aksi yang rencananya akan diikuti oleh 10 ribu .

Ketua Umum Konvergensi Indonesia, Ilhamsyah mengatakan aksi pada 1 Mei mendatang mengambil tema Gerakan untuk Rakyat. Mereka menuntut kepada Presiden Joko Widodo terkait upah yang dinilai masih jauh dari harapan.

“Setiap tahun berjuang untuk menuntut hak. terus bergerak, kami mengambil momentum untuk melakukan mobilisasi. Dalam May Day, seluruh problem yang muncul dari pemerintah sekarang akan kita perjuangkan bersama. Terutama soal upah. Ada 10 ribu dan masih bisa bertambah dalam aksi ,” ujar Ilhamsyah di kantor LBH, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Selasa (25/4/2017).

“Paket ekonomi Jokowi ditujukan untuk investasi dan menyebabkan penyempitan ruang demokrasi. Paket ekonomi merampas upah buruh,” lanjutnya.

Sementara itu, Direktur LBH Jakarta Alghiffari Aqsa mengatakan, pihaknya mengapresiasi gerakan yang dilakukan oleh Konvergensi Buruh Indonesia. LBH juga siap jika nantinya dimintai bantuan hukum.

“LBH mengapresiasi gerakan yang dilakukan dengan damai ini. Tim LBH akan mendampingi di tanggal 1 Mei mendatang dan menjadi kuasa hukum. Buruh berjuang menyuarakan apa yang menjadi hak rakyat,” kata Alghiffari.

Aksi yang dilakukan Konvergensi Buruh Indonesia akan dimulai dari Jalan Raya Salemba menuju Tugu Tani. Kemudian aksi dilanjutkan hingga depan Istana Negara. Diperkirakan ada 10 ribu buruh dari seluruh Indonesia yang akan mengikuti aksi. (bd)