Thursday, 18 April 2024
HomeBeritaPasca Serang Suriah, Ini Pidato lengkap Donald Trump

Pasca Serang Suriah, Ini Pidato lengkap Donald Trump

BOGOR DAILY–  Presiden Amerika Serikat Donald Trump memerintahkan rudal ke sebuah pangkalan udara . ini dilakukan sebagai respons atas kimia yang dilancarkan rezim Presiden Bashar al-Assad terhadap rakyatnya.
Berikut pidato lengkap Trump saat memerintahkan militer terhadap Suriah

Rekan-rekan sebangsa, pada Selasa (4/4), diktator Suriah Bashar al-Assad melancarkan senjata kimia mengerikan terhadap warga sipil tak bersalah,” ujar Trump dalam pidatonya.

“Dengan menggunakan gas saraf, Assad merenggut nyawa pria-pria, wanita dan anak-anak tak berdaya. Itu kematian perlahan dan brutal bagi banyak orang. Bahkan bayi-bayi yang cantik dibunuh dengan keji dalam yang sangat barbar ini. Tak ada anak Tuhan yang harus mengalami kengerian semacam itu,” imbuh Trump seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (7/4/2017).

“Malam ini, saya memerintahkan militer terarah ke sebuah landasan udara di Suriah, tempat kimia itu dilancarkan. Ini merupakan kepentingan keamanan nasional AS yang vital untuk mencegah dan menangkal penyebaran dan penggunaan senjata kimia mematikan,” kata Trump.

“Tidak ada yang perlu diperdebatkan bahwa Suriah menggunakan senjata kimia yang dilarang, melanggar kewajibannya sesuai Konvensi Senjata Kimia, dan mengabaikan seruan Dewan Keamanan PBB,” tandas Trump.

“Upaya bertahun-tahun sebelumnya untuk mengubah perilaku Assad telah gagal semuanya, dan gagal dengan sangat dramatis. Sebagai akibatnya, krisis pengungsi terus memburuk dan wilayah terus terganggu, mengancam AS dan sekutu-sekutunya,” kata Trump lagi.

“Malam ini, saya meminta semua bangsa beradab untuk bergabung dengan kami dalam menghentikan pembantaian dan pertumpahan darah di Suriah, dan juga untuk menghentikan terorisme dalam semua bentuk dan semua jenis,” tuturnya.

“Kami meminta hikmat Tuhan seiring kami menghadapi tantangan dari dunia kita yang sangat bermasalah. Kami berdoa untuk nyawa orang-orang yang terluka dan untuk jiwa-jiwa mereka yang telah meninggal. Dan kami berharap bahwa selama Amerika berdiri untuk membela keadilan, maka perdamaian dan harmoni pada akhirnya akan menang. Selamat malam. Dan Tuhan memberkati Amerika dan seluruh dunia. Terima kasih,” demikian pidato Trump. (bd)