Monday, 29 April 2024
HomeKota BogorPT MSJ Mulai Tanam Ulang Pohon yang Tergerus Proyek Tol Bogor

PT MSJ Mulai Tanam Ulang Pohon yang Tergerus Proyek Tol Bogor

BOGOR DAILY–   Outer Ring Road (BORR) dilanjutkan PT Marga Sarana Jabar (MSJ). Tol sepanjang 2,66 KM ini berada di ruas Jalan Sholeh Iskandar, Tanah Sareal, Kota Bogor. Ratusan ditebang akibat proyek tol BORR seksi IIB tersebut.

Setelah proyek berjalan dan semua ditebang, kini PT MSJ mulai mengganti kerugian atas - tersebut. Tidak kurang dari seribu dari berbagai jenis telah mereka siapkan untuk mengganti - yang ditebang. Hal ini sesuai dengan janji PT MSJ yang bilang akan mengganti mengganti yang terimbas proyek hingga 10 kali lipat dari sebelumnya.

Direktur Utama (Dirut) PT MSJ Hendro Atmodjo mengatakan, penggantian -pohon itu sudah mulai berjalan. Untuk melaksanakannya, PT MSJ berkoordinasi dengan Bidang Pertamanan pada Dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Bogor, serta Bagian Penelitian dan Pengembangan Kehutanan.

“Pohon-pohon pengganti ini ada sekitar 12 jenis. Diantaranya ada kayu manis, damar, mahoni uganda, sawo emas, dan kenari dengan jumlah yang paling banyak adalah untuk pohon kenari,” jelas Hendro.

Kini, lanjutnya, seluruh pohon pengganti untuk sementara ditempatkan di Ciremai Ujung, tepatnya di tempat milik Bidang Pertamanan Kota Bogor. “Untuk sementara di situ dulu, sebelum nantinya akan ditanam di lokasi-lokasi yang telah ditentukan,” ungkap Hendro.

Selain itu, masih kata Hendro, pihaknya juga sudah melakukan kembali penanaman pohon yang di-bowling maupun yang ditebang. Untuk pohon yang ditebang jumlahnya mencapai 32, sementara untuk yang bowling berjumlah 391 pohon.

“Sebelum dibowling, pohon itu terlebih dulu dikarantina. Untuk lokasinya sendiri ada di tiga tempat berbeda. Yaitu di Jalan Regional Ring Road (R3) Katulampa, TPU Kayu Manis, dan TPU Situ Gede,” bebernya.

“Jadi, ini juga membuktikan kepada masyarakat Kota Bogor bahwa kami tidak begitu saja membangun proyek jalan tol. Tetapi, kami juga bertanggung jawab atas dampak yang telah ditimbulkan. Ya, salah satunya dengan menanam kembali dan mengganti pohon-pohon yang terdampak itu berkali lipat,” tegasnya.(bd)