Wednesday, 24 April 2024
HomeKota BogorGeger! PNS Dishub Ditangkap Satreskrim Bogor Kota

Geger! PNS Dishub Ditangkap Satreskrim Bogor Kota

BOGOR DAILY– Seorang oknum pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Dinas Perhubungan Kota Bogor berinisial KS (47) diamankan Tim Reserse Kriminal Alpha Force . KS diduga melakukan pungutan liar untuk meloloskan pengujian kendaraan bermotor atau uji kir angkutan kota yang tidak memenuhi standar kelaikan jalan.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Candra Sasongko mengatakan penangkapan terhadap KS berawal dari informasi masyarakat. Masyarakat melapor soal maraknya calo dan uji kir di Dishub Kota Bogor. “Oknum tersebut tertangkap tangan sedang menerima suap dari seorang calo berinisial AS untuk meloloskan uji kir 2 kendaraan, masing-masing angkot dan truk,” kata Candra, Jumat 5 Mei 2017.

Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, praktik uji kir di Dishub Kota Bogor sudah berlangsung lama. Petugas biasanya mengutip uang sedikitnya Rp20.000 per kendaraan agar lolos uji kir. “Berdasarkan pengakuan KS, hasilnya disetorkan kepada S (koordinator) untuk dibagikan setiap bulan. Bulan April lalu, KS mengaku menerima uang pembagian Rp 600.000,” tutur Candra.

Dari tangan KS, polisi mengamankan sejumlah barang bukti, di antaranya satu bundel bukti pengurusan kir angkot, satu unit telefon genggam, satu dompet, dua KTP atas nama KS dan AS (calo), sejumlah uang, serta angkot yang tak lolos uji. Saat ini, keduanya masih menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Menurut Candra, dalam waktu dekat penyidik juga akan memanggil sejumlah saksi, mulai dari petugas bagian pendaftaran, S (koordinator) hingga petugas kir yang lain. “Khusus untuk oknum PNS, kita akan kenakan pasal 12 huruf (e) UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang tindak pidana korupsi dengan ancaman hukuman empat tahun penjara,” kata Candra menjelaskan.

Candra mengatakan dugaan uji kir di Dishub Kota Bogor sebenarnya sudah lama diincar timnya. Bahkan, beberapa bulan yang lalu para petugas kir malah mogok bekerja karena mendapat pengawasan ketat dari tim Alpha Force serta tim saber . Saat itu, para petugas mengaku tidak nyaman terus diawsi oleh tim dari .

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto yang dikonfirmasi terpisah mengaku sudah mengetahui ada oknum PNS yang diamankan polisi karena kasus dugaan kir. Menurut dia, kasus ini merupakan pukulan telak bagi Kota Bogor karena saat ini Pemkot Bogor sedang melakukan reformasi angkot. “Segera kita lakukan evaluasi internal di dishub,” ujar Bima.