Friday, 29 March 2024
HomeBeritaHabib Rizieq Janjian Bertemu Komnas HAM di Eropa, Ngapain ya?

Habib Rizieq Janjian Bertemu Komnas HAM di Eropa, Ngapain ya?

BOGOR DAILY– Ketika Polri menunggu Ketua Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab di Tanah Air untuk pemeriksaan kasus yang disangkakan padanya, yang bersangkutan malah meminta bertemu  di luar negeri.

Rizieq Shihab meminta bantuan terkait apa yang disebutnya sebagai ‘kriminalisasi, teror dan intimidasi' yang ia hadapi dan meminta pertemuan berlangsung di Arab Saudi atau di sebuah negara Eropa.

mengatakan bahwa mereka berkewajiban untuk meminta keterangan dari Rizieq, tetapi itu akan dilakukan setelah Rizieq selesai melakukan umrah di Arab Saudi.

Rencana pertemuan Komnas dan Rizieq disampaikan Ansufri Sambo, yang pernah menjadi organisator gerakan Tamasya Al Maidah dan kini menjabat sebagai Ketua Presidium Alumni 212.

akan mendatangi Habib (panggilan bagi Rizieq) ke Jeddah, Saudi. Waktunya sedang diatur kapan Komnas bisa untuk ke sana. Insya Allah dengan biaya masing-masing. Mereka dengan biaya sendiri dan kita juga yang dampingi dengan biaya sendiri,” kata Ansufri dalam pesan pendek kepada BBC Indonesia.

Ansufri mengatakan bahwa ingin bertemu Rizieq untuk meminta keterangan tentang ‘kriminalisasi, teror dan intimidasi yang dihadapi Rizieq'.

Pengacara Rizieq Shihab dan GNPF-MUI, Kapitra Ampera, juga mengatakan sudah mendengar bahwa  sudah berencana meminta keterangan Rizieq.

“Tapi tidak di Arab, di satu negara, mungkin di Eropa ya. Tidak di Indonesia dan tidak juga di Arab,” kata Kapitra.

Saat ditanya apakah Rizieq Shihab akan pulang ke Indonesia, dia menjawab cepat, “Oh iya, pasti.”

Namun kapan tepatnya, Kapitra mengatakan, “Habib ini kan lagi umrah ya, lagi beribadah, ya tergantung , tak tahu kapan dia mau kembali. Dia sudah ingin pulang, cuma belum selesai saja ritualnya.”tandasnya