Friday, 17 May 2024
HomeBeritaHeboh Begal Pocong Gentayangan, Ini Kata Polisi

Heboh Begal Pocong Gentayangan, Ini Kata Polisi

BOGOR DAILY– Masyarakat di Kota Depok, terutama pengguna Jalan Raya Margonda diresahkan dengan rangkaian postingan yang berasal dari berbagai media sosial.

Dalam postingan tersebut, beredar bahwa ada begal dengan modus yang berada di dekat kuburan cina Jalan Raya Margonda.

Kasubag Humas Polresta Depok, AKP Firdaus mengatakan, pihaknya membenarkan telah mendapatkan informasi tersebut. Namun, hingga kini Polresta Depok belum mendapatkan laporan masyarakat terhadap aksi begal dengan modus pocong.

“Belum ada laporan, kami telah berkoordinasi dengan Polsek Beji,” ujar Firdaus.

Firdaus menjelaskan, sepanjang penyelusuran pihaknya bahwa di Jalan Raya Margonda, tidak ada kuburan cina seperti halnya postingan di medsos.

Firdaus mengungkapkan, dalam menerima informasi apapun melalui media sosial, masyarakat harus cerdas. Masyarakat harus mengetahui sumber informasi tersebut dan menelaah isi dari pesan tersebut.

Sehingga masyarakat dapat menilai sendiri apakah berita tersebut benar atau tidak, dan tidak mudah terpancing informasi yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

“Beritanya tidak benar atau hoax (bohong),” terang Firdaus.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polresta Depok, Kompol Teguh Nugroho menuturkan, perbuatan pencurian kendaraan bermotor dengan disertai kekerasan, dan masyarakat umum menyebutnya begal.

Umumnya, modus begal dengan mendekati korbannya yang tengah mengendari kendaraan. Setelah itu, pelaku begal menyerang korban yang telah di incarnya, baik menggunakan senjata tajam maupun dengan hal lainnya, guna mendapatkan kendaraan korban.

“Kami belum menerima laporan terkait pembegalan dengan modus pocong,” pungkas Teguh.