Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaIni Daftar Negara yang Melarang Hizbut Tahrir

Ini Daftar Negara yang Melarang Hizbut Tahrir

BOGOR DAILY– Organisasi (HT) tak hanya ada di Indonesia. Organisasi yang berdiri pada 1953 ini telah menyebar ke belahan dunia lainnya. Pergerakan HT di sejumlah negara dianggap membahayakan dan meresahkan sehingga pemerintah ikut ambil andil untuk membubarkan organisasi itu.

HT berkembang ke seluruh negara Arab di Timur Tengah, termasuk di Afrika seperti Mesir, Libya, Sudan dan Aljazair. Keberadaannya juga merambah hingga ke Turki, Inggris, Prancis, Jerman, Austria, Belanda, Amerika Serikat, Rusia, Tajikistan, Kirgistan, Pakistan, Indonesia dan Australia. Pengurus HT menyebut organisasi tersebut sebagai partai politik yang berideologi Islam. Politik adalah kegiatannya dan Islam sebagai ideologi.

HT berusaha untuk mengembalikan kejayaan dan keemasan umat Islam seperti masa lampau. Mereka kemudian memperjuangkan sistem khilafah.

Berdirinya HT di sejumlah negara di dunia, menimbulkan kontroversi dan polemik. Sejumlah negara bahkan sudah ada yang melarang kegiatan organisasi yang didirikan pada 1953 itu.