Saturday, 20 April 2024
HomeKabupaten BogorJalur Puncak Dilebarkan, Pemerintah Gelontorkan Rp36 Miliar

Jalur Puncak Dilebarkan, Pemerintah Gelontorkan Rp36 Miliar

BOGOR DAILY– Pemerintah berencana akan melakukan pelebaran jalan untuk mengantisipasi banyaknya kasus kecelakaan di sepanjang jalur wisata tersebut.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana pada Bappedalitbang Kabupaten Bogor, Ajat Rohmat Jatnika menjelaskan, jalur puncak rencananya akan dibuat menjadi empat lajur agar dapat menampung kendaraan wisatawan saat menuju ke kawasan wisata Puncak.

Menurutnya, pelebaran jalan masing-masing diambil dua meter pada sisi kiri dan kanan jalan. “Kalau kami inginnya pelebaran masing-masing 3,5 meter, agar ada pembatas jalan,” katanya.

Pemerintah , kata dia, akan menganggarkan sekitar Rp 36 milyar untuk membenahi jalur wisata Puncak dari mulai sekitaran Gadog hingga Cianjur.

Tak hanya itu, kata dia, pihaknya juga sedang membahas mengenai perubahan geometri di titik yang rawan terjadinya kecelakaan seperti di Tanjakan Selarong.

“Tapi harus ada koordinasi dengan pemerintah , karena jalur puncak itu masuknya jalan nasional,” ujarnya, Jumat (5/5/2017).

Ajat melanjutkan, ada beberapa program yang telah dibahas oleh pemerintah daerah mulai dari pelebaran jalan hingga mengembalikan kawasan puncak sebagai destinasi wisata.

Terlebih, kata dia, belakangan jalur puncak ini menjadi sorotan setelah terjadi kasus kecelakaan yang banyak menelan korban jiwa. “Hasilnya kajian kami akan diusulkan kepada pemerintah ,” tukasnya.(*)