Saturday, 27 April 2024
HomeKota BogorJelang Puasa, Harga Bawang Putih Selangit

Jelang Puasa, Harga Bawang Putih Selangit

BOGOR DAILYJelangRamadhan, bahan pokok sudah merangkak naik. Awal pekan ini, kenaikan harga cukup menghawatirkan, terutama untuk komoditas bawang putih.

Pantauan dari sejumlah pedagang di beberapa pasar di Bogor, putih mencapai Rp52.000  per kilogram-nya, naik dari sebelumnya, Rp45.000. Lalu gula pasir dari Rp12.500 naik menjadi Rp14 ribu/kg.

Hasan, pedagang cabai, bumbu dan sayur mengaku, putih mengalami kenaikan cukup besar. “Sekilonya bisa Rp50 ribuan,” kata Hasan. Pedagang lainnya, Sumiati mengaku  kenaikan harga telah terjadi sejak sepekan lalu. “Bawang putih lagi mahal, saya jual harganya Rp50.000/kg. Sebelumnya kan Rp36.000-Rp38.000/kg,” jelasnya.

Kepala Unit Pasar Baru Bogor Iwan Arifin mengatakan meski ada kenaikan di beberapa komoditas, tetapi harga kebutuhan pokok di Pasar Baru Bogor cenderung stabil jelang Ramadan.

“Misalnya untuk komoditas daging dan telur. Saat ini harga daging sapi Rp115 ribu/kg – Rp120 ribu/kg, sedangkan untuk harga telur mencapai  Rp19 ribu/kg,” ujar Iwan.

Meski putih meroket, sambungnya harga cabai rawit orange atau cabai gila justru turun. Dari yang sebelumnya mencapai Rp120 ribu/kg kini turun menjadi Rp60 ribu/kg. “Sebenarnya minggu lalu sempat di harga Rp58 ribu, tapi masuk bulan ini naik lagi menjadi Rp60 ribu/kg,” terangnya.

Harga ini menurutnya bisa saja berubah sewaktu-waktu. Bisa naik bisa juga turun, sebab memang siklusnya seperti itu. Diyakininya, persediaan bahan kebutuhan pokok selama bulan Ramadan terbilang aman. “Alhamdulillah stok bahan pokok aman sampai dengan bulan Ramadan,” ungkapnya.

Aksi penimbunan di Pasar Baru Bogor, kata dia, sulit dilakukan karena kondisi kios pedagang yang tidak terlalu luas, hanya 3,5 hingga 4 meter saja. Meski begitu, pihaknya tetap berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mengantisipasi penimbunan.  “Selain itu sanksi bagi yang melakukan penimbunan berat. Apalagi  sekarang ada maklumat dari kapolri,” tegasnya.(bd)