Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaKawal Vonis Ahok, GNPF MUI Kerahkan 5 Juta Orang Ikut Aksi 55

Kawal Vonis Ahok, GNPF MUI Kerahkan 5 Juta Orang Ikut Aksi 55

BOGOR DAILY– Jelang Aksi 5 Mei 2017 atau , Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI, Bachtiar Nasir  menyebut seluruh persiapan sudah dilakukan.

Umat muslim yang datang diperkiran mencapai lima juta orang dan akan berkumpul di Masjid Istiqlal.

“Semoga bisa lima juta orang hadir besok,” katanya saat ditemui di Kantor Komisi Yudisial, Jakarta, Kamis (4/5/2017)

Dia menjelaskan saat ini sudah banyak peserta yang datang dari seluruh daerah di Indonesia untuk mengikuti aksi yang akan digelar, Jumat (5/5/2017).

Saat ini peserta sudah berada di beberapa titik kumpul. Kegiatan yang akan dilakukan dalam aksi besok hanya berisi doa bersama di Masjid Istiqlal usai salat Jumat.

Tidak ada longmarch dalam aksi tersebut. “Masalahnya tidak mungkin kita bisa longmarch, itu semua sudah pasti penuh,” kata dia.

Sementara itu, terdakwa kasus penistaan agama Basuki Tjahja Purnama alias Ahok menyerahkan hasil persidangan ke hakim. Menurutnya, hakim sudah mempunyai bukti-bukti, seperti keterangan saksi dan ahli yang didengar di persidangan. “Kenapa kita meragukan hakim?,” ujarnya.

Namun, mantan Bupati Belitung Timur itu, tidak tahu apakah hakim akan memberikan putusan bebas untuk dia. “Saya enggak tahu,” ucap Ahok.

Sementara, Wakil Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat menyerahkan kepada hakim mengenai putusan terhadap Ahok. Menurut dia, hakim tidak boleh dipengaruhi oleh pihak mana pun. “Biarkan hakim betul-betul mempunyai independensi dan rasa keadilan untuk memutuskan apapun,” kata Djarot. (bd)