Friday, 26 April 2024
HomeBeritaPingin Mudik Gratis? Yuk Baca Dulu Infonya

Pingin Mudik Gratis? Yuk Baca Dulu Infonya

BOGOR DAILY– Kementerian Perhubungan () melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat menggelar program gratis. Pada arus ini mereka akan mengangkut 8.510 sepeda motor dan 64.900 penumpang.

Direktur Angkutan dan Multi Moda Direktorat Jenderal Perhubungan Darat , Cucu Mulyana, kegiatan ini sengaja digelar untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan saat arus .

“Kami ingin meningkatkan keselamatan dengan cara menekan angka kecelakaan di jalan raya. Selain itu juga untuk melayani masyarakat dan mengendalikan jumlah kendaraan di jalan raya yang ke kampung halaman saat Lebaran,” ucap dia dalam keterangannya, Sabtu (20/5).

Dia mengatakan bahwa program gratis ini adalah strategi agar bisa meminimalisir angka kecelakaan di jalan raya saat arus .

Dengan pengendalian jumlah kendaraan, terutama sepeda motor diharapkan angka kecelakaan akan berkurang.

Adapun program gratis ini terdiri dari pengangkutan sepeda motor dan penumpang menggunakan bus dan pengangkutan sepeda motor dan penumpang menggunakan kapal penyeberangan.

“Untuk moda jalan, sepeda motor yang akan diangkut sejumlah 3.510 dan 54.900 penumpang,” sambung dia.

Nantinya sepeda motor itu kata dia akan diangkut dengan menggunakan 77 truk, sedangkan penumpangnya akan diangkut menggunakan 1.220 bus.

“Untuk moda penyeberangan, akan dilayani oleh dua kapal ferry berbobot 5.000 GT tujuan Lampung dan Semarang. Jumlah sepeda motor yang akan diangkut oleh dua ferry itu 5.000 dan 10.000 penumpang,” tambah dia.

Dia menambahkan untuk kota tujuan yang akan dilayani oleh program itu ada total 30 kota di Jawa Barat, Jawa Tengah dan DIY. Di antaranya Cirebon, Magelang, Solo, Wonogiri dan Yogyakarta.

Sedangkan kota asal arus balik terdiri dari delapan kota yaitu Tasikmalaya, Ciamis, Garut, Cirebon, Kudus, Semarang,Solo dan Yogyakarta. Sementara moda penyeberangan akan melayani ke Semarang dan Lampung.

Untuk pendaftaran moda jalan, Cucu menerangkan hal itu dimulai pada 18 Mei hingga 16 Juni 2017.

Pendaftaran online melalui www.mudikgratis.dephub.go.id dan pendaftaran offline di Gor Bulungan, Blok M, Kantor Dishub Bekasi, Kantor Dishub Depok, Kantor Dishub Tangerang Kota, Kantor Dishub Tangerang.

“Untuk pendaftaran yang menggunakan kapal penyeberangan selain dapat dilakukan melalui daftar online juga dapat dilakukan di kantor pusat PT. ASDP Indonesia Ferry,” tukas dia