Monday, 29 April 2024
HomeKota BogorUsmar: Situs Sejarah di Bogor Harus Didata Ulang

Usmar: Situs Sejarah di Bogor Harus Didata Ulang

BOGOR DAILY–  Keberadaan situs sejarah di Kota Bogor jadi perhatian Wakil Walikota Bogor Usar Hariman. Ia bersama  Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) mendorong agar situs tersebut dilestarikan. Termasuk situs peninggalan Prabu Siliwangi yang ada di Kota Bogor.

“Ya situs sejarah itu perlu diidentifikasi, didata ulang agar ceritanya (sejarah,red) tidak putus,”ungkap Usmar

Sebab, ia meyakini jika ejarah suatu keadaan atau keadaan pada masanya dapat ditelusuri dan disambung melalui situs-situs peninggalan,. Untuk itu, proses identifikasi ini perlu dilakukan segera ungkin guna mempertahankan nilai nilai dan warisan pendahulu

“Dengan identifikasi ini maka sejarah yang terputus akan tersambung kembali dan menjadi sebuah cerita bagi generasi bangsa di masa yang akan datang,”ujarnya.

Apalagi sambung dia, jika prosesnya ikut melibatkan seniman lokal.  “Keyakinan saya semakin bertambah dengan adanya inisiatif-inisiatif dari para inohong dan para seniman lokal yang mampu menyempurnakan kekurangan yang ada, sehingga apapun rekomendasi atau catatan yang dihasilkan bisa segera mungkin dirumuskan secara lebih detail,” tuturnya.(bd)