Wednesday, 15 May 2024
HomeKabupaten BogorKapolres Bogor Datangi 10 PO Bus, Ini Hasilnya

Kapolres Bogor Datangi 10 PO Bus, Ini Hasilnya

BOGOR DAILY– Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Bogor mendadak mendatangi Perusahaan Otobus (PO) yang tersebar di Kabupaten Bogor. Sedikitnya ada 10 PO Bus yang menjadi sasaran bersama Dinas Perhubungan (Dishub).  Salah satunya, PO Hiba Utama Group yang berlokasi di Desa Ciherang, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor.

Di lokasi, petugas dari Satlantas langsung melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap . Hasilnya, 12 dari 29 unit bus milik Hiba Utama dinyatakan tidak lagi produktif.

Kapolres Bogor, AKBP Andi M Dicky menjelaskan, pemeriksaan untuk mengantisipasi arus mudik, biasanya perusahaan yang bergerak dalam bidang transportasi menerjunkan seluruh armadanya meski dalam kondisi tidak layak jalan.
“Ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat sekaligus mengantisipasi kecelakaan lalu lintas di jalan raya. Kita akan rutinkan pemeriksaan semacam ini selama sebelum dan sesudah lebaran,” kata Dicky.
Dia mengungkapkan, setidaknya terdapat 10 PO bus yang ada di Bumi Tegar Beriman yang menjadi tugas untuk mengawasinya. “Kami bekerja sama dengan Dinas Perhubungan untuk memeriksa kelengkapan dokumen. Tapi tidak di jalan, melainkan langsung kita datangi ke pool bus agar pemeriksaan lebih mendetil,” katanya.
Bagian-bagian yang diperiksa, kata Dicky, meliputi kampas rem, kelayakan mesin, perseneling, sistem pengereman hingga kondisi ban. “Kami datang ke pool bukan berarti pemeriksaan di jalan jadi hilang. Hanya untuk memastikan saja secara teknis mobil layak atau tidaknya,” tukasnya.