Friday, 29 March 2024
HomeBeritaLaga Perdana Piala Konfederasi 2017, Jerman Tekuk Australia

Laga Perdana Piala Konfederasi 2017, Jerman Tekuk Australia

BOGOR DAILY– Jerman meraih kemenangan pada laga perdananya di Grup B . Menghadapi Australia di Stadion Fisht Olympic, Senin (19/6), Die Mannschaft menang 3-2.

Jerman, yang turun dengan banyak pemain muda, sempat menggebrak pada awal laga. Pertandingan baru berumur lima menit, Larst Stindl sudah mampu membuka keunggulan Jerman setelah bola sepakannya mengoyak gawang Australia yang dikawal Matthew Ryan.

Selepas gol itu, Jerman semakin mendominasi permainan. Berbagai peluang lanjutan mampu diciptakan anak asuh Joachim Loew. Namun, justru Australia yang bisa membalas pada menit ke-41 melalui gol Tom Rogic.

Akan tetapi, Jerman akhirnya bisa kembali unggul semenit jelang jeda. Sebuah pelanggaran di kotak penalti Australia memaksa wasit Mark Geiger asal Amerika Serikat menunjuk titik putih. Julian Draxler yang dipercaya menjadi algojo dengan mudah menaklukkan Ryan. Babak pertama berakhir dengan skor 2-1 untuk keunggulan Jerman.

Selepas jeda, Jerman kembali memulai dengan inisiatif serangan. Permaian tempo tinggi diperagakan juara Piala Dunia 2014 itu. Hasilnya, Leon Goretzka berhasil menambah keunggulan Jerman usai bola tendangan kaki kanannya melesak ke gawang pada menit ke-48.

Meski tertinggal 1-3, Australia tak patah arang. Sebuah kemelut di kotak penalti Jerman pada menit ke-56 akhirnya bisa dimanfaatkan oleh Socceroos. Memanfaatkan bola muntah hasil tepisan kiper Bernd Leno, Tomi Juric dengan leluasa menceploskan bola ke gawang dari jarak dekat.

Skor yang kembali menipis membuat Pelatih Australia, Ange Postecoglou, coba mengubah taktik dengan melakukan pergantian pemain. Setelah memasukkan Robbie Kruse pada awal babak kedua, dia juga menghadirkan dua penyerang senior, James Troisi dan Tim Cahill.

Namun, upaya Australia mencetak gol penyeimbang tak berbuah hasil sampai peluit akhir pertandingan berbunyi. Jerman menuntaskan perlawanan Australia dengan kemenangan 3-2. Hasil ini membawa Jerman menyamai poin Cile, yakni 3, di klasemen Grup B. Sementara, Australia dan Kamerun sama-sama belum meraih poin.

SUSUNAN PEMAIN:

Australia (3-4-2-1): 1-Mathew Ryan; 2-Milos Degenek, 20-Trent Sainsbury, 8-Bailey Wright; 7-Matthew Leckie, 21-Massimo Luongo (10-Robbie Kruse 46′), 5-Mark Milligan, 16-Aziz Behich, 13-Aaron Mooy, 23-Tom Rogic (14-James Troisi 71′), 9-Tomi Juric (4-Tim Cahill 87′)

Pelatih: Ange Postecoglou

Jerman (3-5-2): 12-Bernd Leno, 18-Joshua Kimmich, 2-Shkodran Mustafi, 16-Antonio Ruediger; 20-Julian Brandt (17-Niklas Suele 63′), 7-Julian Draxler, 21-Sebastian Rudy, 8-Leon Goretzka, 3-Jonas Hector; 9-Sandro Wagner (11-Timo Werner 57′), 13-Lars Stindl (14-Emre Can 78′)

Pelatih: Joachim Loew