Wednesday, 24 April 2024
HomeBeritaWaspada! Ini Modus Kejahatan yang Marak Saat Mudik

Waspada! Ini Modus Kejahatan yang Marak Saat Mudik

BOGOR DAILY– Intensitas arus di sejumlah terminal, stasiun, pelabuhan dan bandara bertambah secara signifikan jelang Hari Raya Idul Fitri.  Dengan banyaknya jumlah masyarakat, biasanya berbarengan juga dengan meningkatnya kejahatan.

Kepala Biro Pembinaan Operasi Polri, Brigjen Imam Sugianto mengatakan, selama lebaran tidak terlepas dari kejahatan jalanan seperti copet, penjambretan dan pemalakan.

“Yang banyak tuh ya seperti biasa, kejahatan jalanan seperti copet, pemalakan, jambret,” kata Imam di Galeri Nasional, Jakarta Pusat, Kamis (22/6).

Ia menjelaskan, saat melakukan aksinya,  para pelaku biasanya terlebih dulu memepetkan tubuh mereka dengan korbannya, karena saat itu kondisinya berdesakan.

Ketika korban lengah, pelaku langsung mengambil barang-barang berharga miliki korban yang sudah diincarnya. Ia pun mengimbau kepada masyarakat, agar jangan terlalu menggunakan barang-barang yang mencolok ketika .

Dia juga menjelaskan, guna mengantisipasi meningkatnya kejahatan saat lebaran. Satu bulan sebelum melakukan pengamanan lebaran, polisi telah melakukan operasi pengamanan preman.

“Makanya Setiap lebaran itu satu bulan sebelumnya sudah kita gelar untuk kegiatan kepolisian ditingkatkan untuk memberantas kejahatan jalanan itu, operasi preman, jambret dan lain sebagainya, ” tandasnya.