Friday, 26 April 2024
HomeBeritaBosan dengan Macet Jakarta, Ini Skenario Djarot...

Bosan dengan Macet Jakarta, Ini Skenario Djarot…

BOGOR DAILY- Kemacetan di Jakarta jadi salah satu pertimbangan untuk memindahkan ibu kota negara. Namun, menurut Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, sudah ada sejumlah skenario untuk mengurangi kemacetan.

“Untuk di Jakarta, perlu ada jalan berbayar, ERP (Electronic Road Pricing), untuk urai kemacetan,” kata Djarot di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (31/7/2017).

Sementara itu, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) meminta agar pergub yang mengatur tentang ERP direvisi. Saat itu Plt Gubernur DKI Jakarta Sumarsono sepakat akan merevisinya.

KPPU sebelumnya menilai pengadaan ERP lewat Pergub 149/2016 cenderung menghambat persaingan usaha. KPPU menyoroti Pasal 8 huruf c dalam pergub tersebut. Tetapi skenario mengurai kemacetan, menurut Djarot, bukan cuma ERP. Dia juga menyebutkan soal integrasi transportasi.

“Selanjutnya integrasi antarsistem transportasi dilakukan, itu perintah Presiden, baik itu antara Commuter Line, TransJakarta, LRT, MRT,” ujar Djarot Skenario mengurai kemacetan tak hanya dalam kota Jakarta, tetapi juga wilayah di sekitarnya. Sehingga kemacetan benar-benar terurai.

“Perlu dibangun sistem integrasi betul, bukan hanya di Jakarta, tapi juga kawasan sekitarnya,” tutur Djarot.