Wednesday, 24 April 2024
HomeKota BogorIni Kata Pakar Kalau Bima Arya Jadi Cawagub Jabar

Ini Kata Pakar Kalau Bima Arya Jadi Cawagub Jabar

BOGOR DAILY- Nama Bima Arya belakangan jadi obrolan hangat di kancah Jawa Barat (Jabar). Wali itu digadang-gadang jadi kandidat kuat Partai Amanat Nasional (PAN) sebagai calon gubernur (cawagub). Lalu, apa kata pakar jika Bima Arya benar-benar memilih terbang ke provinsi?

Peluang Bima Arya maju di tingkat Jabar memang sudah terbuka. Ini menyusul ad­anya dua nama yang disodorkan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN, yakni Bima Arya dan Desy Ratnasari. Pakar dari Univer

Iriawan Maksudi menyebut bahwa keinginan Bima itu sah-sah saja. Hanya saja dari kacamata , langkah itu belum tepat. “Di saja masih banyak kekurangan, bagaimana bisa ke provinsi. Itu justru akan memberatkan dia sendiri,” ungkap mantan Dekan FISIP Unida ini. sitas Djuanda (Unida) Beddy

Terkecuali, lanjut dia, di akhir kepengurusannya Bima sang­gup melahirkan inovasi yang dampaknya langsung dirasa postif oleh warganya. Sebab, ia menilai selama kepemimpi­nan Bima-Usmar belum ada kebanggaan yang bisa di­unggulkan. “Lebih baik fokus saja selesaikan PR yang ada, melanjutkan visi-misinya yang belum terealisasi,” saran lelaki berkacamata itu.

Pandangan lain justru diutarakan Pengamat LIPI Siti Zuhro. Menurutnya, tidak ada kepala daerah yang sanggup menyelesaikan visi-misinya dalam tempo lima ta­hun. Bagi Siti, selama pencalo­nannya itu dilakukan selepas jabatannya sebagai Wali berakhir, maka tidak masalah naik kelas. “Prinsipnya jangan jadi politisi yang kutu loncat. Silakan. Toh Bima juga tidak asing-asing amat untuk Jabar,” jawab Siti.

Hanya saja, lanjutnya, DPP PAN harus jeli menentukan pilihannya sesuai kebutuhan masyarakat Jabar. “Artinya, dua orang itu (Bima dan Desy, red) harus betul-betul dihi­tung bagaimana tingkat elek­tabilitas dan akseptabilitasnya. Jangan hanya mengandalkan popularitasnya saja,” terang­nya.

Jika melihat hasil survei yang dilakukan Poltracking Indo­nesia, elektabilitas Bima Arya memang lebih unggul dari Desy Ratnasari. Namun tidak terpaut jauh, hanya selisih 0,12. Bima Arya 1,00 persen, sedangkan Desy Ratnasari 0,88 persen. Sedangkan tiga teratas masih diduduki Ridwan Kamil (38,13 persen), Dedy Mizwar (14,88 persen) dan Dedi Mulyadi (9,88 persen).

Tak heran jika PAN pun han­ya mengincar posisi cawagub dalam bursa Pilgub Jabar 2018. “PAN di Pilkada Jabar nggak ngotot di gubernur. Tetapi posisi wagub, kami banyak (calon, red),” tegas Ketua DPP PAN Yandri Su­santo. Dari calon tersebut, lanjutnya, dua di antaranya mengerucut pada sosok Bima Arya dan Desy Ratnasari.

Pakar Tata Negara Raden Mihradi menyarankan agar Bima Arya mempertimbang­kan lagi niatnya maju di Pilgub Jabar. Alasannya, kepemimpi­nan Bima dianggap belum tuntas. Ditambah masih ada kelemahan yang perlu jadi catatan. Di antaranya soal re­formasi birokrasi yang diang­gap masih banyak kekuran­gan. “Contohnya banyak kasus hukum yang belum selesai. Ini menandakan bahwa tata kelola pemerintahannya juga belum berjalan baik,” urainya.

Tak hanya itu, Mihradi men­gungkapkan, masih banyak keluhan dari masyarakat ter­kait pelayanannya. Termasuk soal adanya indikasi dishar­monis antara pemimpin dan anak buahnya yang terlihat dalam kepemimpinan Bima Arya.

“Ya saya sebagai orang luar memang melihatnya seperti itu. Memang secara aturan ti­dak apa-apa kalau maju di provinsi. Hanya saja melihat kelemahan itu, bagaimana bisa untuk memimpin 27 kota/kabupaten,” tandasnya