Tuesday, 14 May 2024
HomeNasionalKampus UNISBA Diserang Bobotoh?

Kampus UNISBA Diserang Bobotoh?

BOGOR DAILY- Puluhan orang yang diduga bobotoh (suporter Persib Bandung) melakukan aksi ke Universitas Islam Bandung (), Rabu (12/7) malam. Diduga tersebut berawal dari gesekan antar suporter di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Menurut keterangan kepala keamanan Rudi Bustaman terjadi sekitar pukul 22.45 WIB. Secara tiba-tiba puluhan orang yang terlihat marah langsung merangsek ke dalam area kampus. Massa sempat saling dorong dengan pihak kemanan kampus.

Sementara di dalam kampus ada sejumlah mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas dan berkegiatan. Melihat adanya serangan, akhirnya sejumlah mahasiswa berusaha melakukan perlawanan dan terjadilah sedikit keributan.

Pihak keamanan kampus dan mahasiswa mencoba mengusir massa keluar dari area kampus. Kalah jumlah pelaku berhasil dipukul mundur dan melarikan diri.

“Semalem gerbang sudah ditutup. Hanya dibuka paksa oleh anak-anak bobotoh. Kejadiannya juga tidak lama hanya dua puluh menitan,” kata Rudi, saat ditemui di Kampus Unisba, Jalan Tamansari, Kota Bandung, Kamis (13/7/2017).

Dari informasi yang dia dapat, aksi berawal dari gesekan antar suporter di Stadion GBLA saat laga Persib Vs Persela, Rabu (12/7) malam. “Semalem tuh katanya efek nonton Persib,” ucapnya.

Dia memastikan tidak ada kerusakan dari fasilitas kampus akibat tersebut. Seperti masjid dan fasilitas lainnya tidak ada yang rusak. Bahkan motor-motor mahasiswa yang terparkir tidak ada yang dirusak oleh para penyerang.

“Enggak ada yang rusak. Tadi saya sudah periksa kembali takutnya malam tidak terlihat. Tapi tadi dipastikan tidak ada keruskaan. Kaca-kaca masjid juga masih pada utuh,” ucapnya.

Dia memperkirakan jumlah massa yang menyerang sebanyak lima puluh orang. Petugas kepolisian tadi malam langsung melakukan pengamanan di sekitar area kampus. “Dua belas motor milik pelaku diamankan dan sudah dibawa polisi. Tapi ada dua motor yang kita amankan. Enggak tahu milik mahasiswa atau motor pelaku,” ucapnya.

Saat ini kegiatan di dalam kampus berjalan seperti biasanya. Para mahasiswa tetap menjalankan kegiatan seperti biasa. Tapi terlihat ada beberapa anggota kepolisian yang melakukan penjagaan. (detik)