Friday, 29 March 2024
HomeNasionalKapal Sabu 1 Ton Diburu 4 Negara

Kapal Sabu 1 Ton Diburu 4 Negara

BOGOR DAILY- Kapal Wanderlust pembawa sabu 1 ton ternyata bukan hanya diburu oleh tim Kepolisian Republik Indonesia. Kapal tersebut juga diburu oleh empat negara lain.

“Kapal wanderlust ini telah menjadi target operasi di 4 negara selama bulan lalu dan Presiden Jokowi telah menginstruksikan kepada seluruh jajaran dan aparat instansi yang memiliki kewenangan untuk bisa bersama-sama, bekerja sama dan Alhamdulillah kita bisa menangkap kapal ini,” terang Menteri Keuangan Sri Mulyani saat jumpa pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (20/7/2017).

Sindikat narkoba WN Taiwan ini melakukan pengiriman sabu dari Myanmar dengan metoda ship to ship transfer untuk menurunkan barang hingga ke Pantai Anyer, Banten. Untuk itu, Sri mengimbau nelayan agar melapor apabila menemukan kegiatan dropping barang di tengag lau.

“Saya imbau kepada seluruh nelayan apabila melihat berbagai kegiatan yang mencurigakan. Seperti disampaikan Kapolri bahwa kegiatan ini ship to ship, pemindahan, jadi kalau para nelayan melihat kecurigaan seperti ini agar melaporkan ke pihak berwajib, Bea Cukai, BNN, Polri maupun TNI,” tuturnya.

Tertangkapnya kapal pengangkut sabu ini merupakan kerja sama antar tiga instansi yakni Polri, Bea Cukai dan Badan Narkotika Nasional (BNN). Pihak Bea Cukai yang mendapatkan informasi soal kapal berbendera Repbulik Sierra Leone, melakukan pengejaran ketika kapal bergerak menuju Batam seusai menurunkan barang.

“Jajaran Bea Cukai menggunakan peralatan, kapal, radar yaitu BC 7005 dan BC 8006 bergerak di dalam menindak lanjuti informasi yang diperoleh tim Bea Cukai dari jajaran kepolisian. Kami juga bekerja sama dengan pihak TNI Angkatan Laut,” sambungnya.

Kapal tersebut diketahui bergerak dari Anyer melalui perairan Bangka Belitung. Selanjutnya, pada Sabtu (15/7), kapal terdeteksi berada di sekitar perairan Tanjung Berakit, Bintan, Batam.

“Dalam pencarian, radar kapal BC 7005 menangkap sebuah objek di daerah Tanjung Berakit yang disinyalir merupakan Kapal Wanderlust. Itu adalah kapal yg membawa sabu satu ton,” ungkapnya.

Kapal tersebut berhasil diamankan dan kemudian disandarkan di gudang Bea Cukai Tipe B Batam, Tanjung Uncang, Batam, Kepri.