Sunday, 19 May 2024
HomeKabupaten BogorSebel Jalan Rusak? Ini 12 Ruas yang Bakal Dibeton di Bogor

Sebel Jalan Rusak? Ini 12 Ruas yang Bakal Dibeton di Bogor

BOGOR DAILY– Kabar bahagia untuk warga Kabupaten Bogor, khususnya yang tinggal di wilayah Cibinong Raya. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) bakal mengecor dengan anggaran yang mencapai Rp38 miliar.

Sudah bukan jadi rahasia umum jika beberapa ruas jalan di wilayah Kabupaten Bogor mengalami kerusakan. Kerusakan pun diprediksi merata terjadi di seluruh wilayah bumi tegar beriman, khususnya wilayah Cibinong Raya. Alhasil, masyarakat yang bermukim di sekitaran Cibinong Raya yakni Cibinong, Sukaraja, Babakanmadang, Bojonggede dan Tajurhalang diminta bersabar untuk menunggu rampungnya sejumlah pekerjaan peningkatan jalan yang akan dibeton.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Bogor pun  telah mematok pagu anggaran sebesar Rp38.711.540.000. Anggaran ini diperuntukan untuk 12 kegiatan peningkatan jalan. Sementara, jalan yang diperkirakan akan dimulai pada pertengahan bulan ini.  Kepala UPT Jalan dan Jembatan Wilayah I Cibinong, Agus Sukwanto menjelaskan, dari 12 kegiatan peningkatan jalan yang masuk APBD 2017, baru peningkatan Jalan Ragajaya – Kampung Pulo yang sudah siap dikerjakan. Pria yang akrab disapa Apuy ini mengklaim penyedia jasa sudah mulai melakukan peninjauan lapangan.

“Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) sudah keluar untuk yang Jalan Ragajaya. Pekan ini juga sudah mulai dikerjakan. Akan dibeton. Anggarannya sebesar Rp5,9 miliar,” kata Apuy.

Menurutnya, jalan yang akan segera ditingkatkan dalam waktu dekat ini adalah ruas Kemang-Kedung Waringin, Kecamatan Bojonggede. Proyek betonisasi sepanjang 1,8 kilometer itu memakan anggaran hingga Rp7,4 miliar. “Sebentar lagi dikerjakan. Tinggal menunggu SPMK. Kemungkinan satu pekan lagi mulai dikerjakan,” ucap dia.

Sementara, ditambahkan dia, 10 paket pekerjaan lainnya masih dalam proses lelang di Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa (BLPBJ) Setda Kabupaten Bogor. Sehingga, ia berharap masyarakat dapat bersabar, karena setiap pasti akan diperbaiki oleh pemerintah. “Saya berharap masyarakat bersabar. Intinya, kami bukan tidak mau melakukan pemeliharaan. Tapi, jika ruas jalan masuk kegiatan peningkatan, maka lebih baik sekalian langsung dibeton,” ujarnya. ‘

Sebelumnya, lantaran banyak di Kabupaten Bogor, khususnya di Kecamatan Bojonggede dan sekitarnya, warga sempat melakukan aksi unjuk rasa di Kantor Bupati Bogor, beberapa waktu lalu. Bahkan foto ruas jalan di Bojonggede yang rusak sempat menjadi viral di media sosial. Salah satu warganet pemilik akun Zuwita Mayoan, menuturkan dalam status facebooknya, sebenarnya jalan yang rusak banyak sekali, dari mulai pertigaan Bojonggede, harus benar-benar ekstrak hati-hati.

“Jalanan bojong sebenernya ga cuma disini aja yang rusak, banyak banget jalanan rusaknya, dari mulai pertigaan bojonggede sampai ke arah bilabong itu harus bener-bener ekstra hati-hati dalam memilih jalanan,” tulis pemilik akun Zuwita Mayoan.

Zuwita dalam akunnya melanjutkan, para pengguna jalan harus hati-hati, salah sedikit memilih jalan, bisa rusak. Sebab jalan yang berlubang tersebut, sering digenangi air. “Dikit ya jatoh, belom lagi kalo lubangnya ngembeng (tergenang) air, mantap dah pokoknya kalau pulang pergi kerja rasanya pantat pada sakit udahannya, badan pegel-pegel, belom lagi kalo macet karna jalanan rusak luar biasa jalan Bojonggede ini” tulis Zuwita Mayoan dalam akunnya.