Saturday, 4 May 2024
HomeBeritaAda Materai Palsu di Pasirjaya, Berkas Akta Warga Dikembalikan

Ada Materai Palsu di Pasirjaya, Berkas Akta Warga Dikembalikan

BOGOR DAILY– Beredarnya di Desa kini masih ditelusuri. Namun, Kepala Desa Gina Garmina mengaku tak mengetahui adanya pada ratusan warganya.

“Kalau soal itu (, red), saya tidak tahu. Setahu saya, berkas dikembalikan karena ada kesalahan penulisan identitas,” ujar Gina.

Ia menambahkan, pengurusan berkas ditangani kader atau koordinator wilayah tiap RT dan RW.

Koordinator wilayah RW 03 Siti Aisyah mengiyakan bahwa ratusan berkas dikembalikan Disdukcapil Kabupaten Bogor. Namun, ia mengaku terkait soal juga tidak tahu-menahu.

Sebab, yang ia ketahui hanya masalah kesalahan penulisan data. “Kami menyediakan berkas. Kalau materai itu warga beli sendiri, bukan dari kami selaku koordinator,” katanya.

Hal tersebut ternyata bertolak belakang dengan pengakuan warga. Mereka mengaku bahwa materai sudah tertempel di berkas ketika pendaftaran.

Kasi Pelayanan Catatan Sipil dan Kematian pada Disdukcapil saat kegiatan pelayanan keliling di Desa Pasirjaya, Sumarno, menyayangkan hal tersebut.

Namun, ia berharap pengajuan yang bermasalah segera diatasi dan cepat diproses. Sebab di Pasirjaya, dirinya harus mengurus 772 berkas pendaftar . “Ini kan untuk mengurus legalitas dari negara. Jadi harus asli, tidak boleh palsu,” tegasnya.