Friday, 19 April 2024
HomeBeritaHeboh! Insiden Bendera Indonesia Terbalik di Sea Games 2017

Heboh! Insiden Bendera Indonesia Terbalik di Sea Games 2017

BOGOR DAILY- Menpora Khairy Jamaluddin Abu Bakar akan menemui Menpora RI Imam Nahrawi untuk meminta maaf, terkait gambar  dalam buku panduan pelaksanaan 2017. Rencana pertemuan dua menteri pada, Minggu, 20 Agustus 2017 itu disampaikan oleh Penyelenggara (MASOC), diiringi dengan permintaan maaf resmi dari pihak panitia.

“Kami ingin memohon maaf kepada rakyat Indonesia di atas kesilapan yang tidak disengajakan dalam mencetak bendera Indonesia dalam buku tersebut,” begitu bunyi pernyataan tertulis MASOC, Sabtu, 19 Agustus 2017.

Selain menyesali kesalahan menampilkan gambar bendera dalam buku yang telah diedarkan saat pesta pembukaan 2017 itu, MASOC menyampaikan niat untuk terus menjaga hubungan baik dengan Indonesia. “Kami percaya hubungan erat di antara dua negara ini akan lebih diperkukuhkan di bawah semangat Sukan Sea ().”

Menpora Imam Nahrawi sempat menyampaikan protes terhadap kesalahan tersebut. Dia menyesalkan cetakan gambar di halaman 80 buku panduan ajang olahraga dua tahunan di Asia Tenggara itu. “Saya kira ini sangat terledor. Ceroboh sekali. Saya kira hal ini yang mencerai kemegahan pembukaan 2017 yang disaksikan jutaan orang,” kata dia.

Selain juga mengungkapkan protes di akun resmi Twitter miliknya, Imam juga menunggu permintaan maaf resmi dari pemerintah negeri Jiran. Khairy Jamaluddin sendiri juga sempat merespon protes tersebut melalui Twitter. “Bapak Imam, tolong terima permintaan maaf tulus saya atas kesalahan ini. Sesungguhnya tidak ada niat jahat. Saya amat kesal akan kesalahan ini,” tulisnya membalas tweet Imam, Sabtu, 19 Agustus 2017.