Friday, 26 April 2024
HomeBeritaIni Buka-bukaan Mnkominfo Blokir Medsos

Ini Buka-bukaan Mnkominfo Blokir Medsos

BOGOR DAILY-Menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (), Rudiantara sering dicecar karena kebijakannya memblokir media sosial (). Mulai dari Vimeo hingga Telegram, kena imbas penutupan akses di Indonesia.

Rudiantara mengungkapkan bahwa tak ada niatan bagi dirinya untuk memblokir media sosial (). Namun langkah pemblokiran harus dilakukan demi menjaga masyarakat dari pengaruh konten negatif.

“Pemerintah tidak ada niat melakukan pemblokiran karena memberi manfaat kepada masyarakat Indonesia. Kenapa harus diblok? Nggak ada pemikiran dari pemerintah untuk memblok,” tutur Rudiantara.

Dia lantas mencontohkan tak hanya digunakan untuk alat komunikasi, melainkan sudah merambah menjadi sarana jual beli bagi para penggunanya.

“Manfaatnya lebih banyak daripada mudharatnya,” sebut pria yang sering dipanggil Chief RA ini.

Disampaikannya, pemerintah mengambil keputusan pemblokiran , lantaran untuk melindungi dari konten negatif seperti pornografi, radikalisme, hingga terorisme. Langkah pemblokiran juga dilakukan apabila pemilik tidak kooperatif mengatasi isu-isu tersebut.

“Cara apalagi yang harus kami lakukan agar masyarakat ini tidak terpapar dengan konten yang berkaitan dengan radikalisme atau terorisme? Satu-satunya jalan ya blok, nanti datang, pasti keluar (pemilik medsosnya),” kata dia.

Cara ini yang diambil Kominfo dengan memblokir Vimeo dan Telegram. Bedanya dari Vimeo, CEO Telegram Pavel Durov kooperatif dan menyambangi Indonesia.

Sebelumnya, dikatakan , cara pemerintah ini juga didukung oleh DPR khususnya Komisi I. Tak hanya take down akun, bahkan memblokir platform-nya pun didukung jika sang empunya tak bisa mengatasi konten-konten negatif di dalamnya.

“Sebagai pemerintah tentu kita ingin menjaga radikalisme dan terorisme tidak berkembang di Indonesia, kita harus potong. Belum lagi dengan konten yang lain yang bisa diperdebatkan,” imbuhnya.