Tuesday, 30 April 2024
HomeKota BogorKasihan! Kaki Balita di Bogor Ini Mengecil Tak Bisa Jalan

Kasihan! Kaki Balita di Bogor Ini Mengecil Tak Bisa Jalan

BOGOR DAILY-Muhammad Arif, bocah asal Kelurahan Ranggamekar, hanya bisa digendong orang tuanya. Sudah setahun lebih ia menderita kronis hingga pertumbuhan kakinya tak seperti anak-anak seusianya. Hingga di usianya yang sudah menginjak 2,5 tahun, kakinya terus mengecil dan tak bisa jalan.

Sudah satu setengah tahun, Arif warga Kampung Mekarwangi, RT 04/13, Kelurahan Ranggamekar, Bogor Selatan, Kota Bogor, berjuang melawan penyakit dan tuberkulosis (TB). Kaki dan tangannya yang kecil belum mampu menopang badannya untuk berjalan dan bermain dengan anak seusianya.

Menurut ibu Arif, Cici Nuraeni (36), kes­ehariannya Arif tidak aktif seperti anak-anak lainnya. Ia hanya menghabiskan waktu di rumah bersama kakak perempuannya, Astri Isnawati (5). “Tiap hari cuma

nonton TV sambil megangin boneka kakaknya. Dibeliin mainan seperti mobil-mobilan juga dia nggak mau mainin,” ujarnya.Isnawati (5). “Tiap hari cuma

Arif hanya terbaring tak ber­daya dengan beralaskan karpet. Ia kerap mengalami batuk-batuk, sesak napas dan susah tidur saat tengah malam. Bahkan, berat badan Arif pernah menyusut hingga 6,6 kilogram. Kala itu, Cici dan suaminya, Asep Sutriawan (47), sudah mencoba berbagai pengobatan. Mulai dari dokter umum, puskesmas hingga pen­gobatan alternatif, tak satu pun yang mampu membuat keadaan Arif membaik.

Memiliki pekerjaan sebagai tukang rak piring yang ber­penghasilan Rp360 ribu per minggu, membuat Asep tak mampu membawa Arif ke rumah sakit besar. Bahkan jika Asep tidak bekerja demi menemani Arif berobat, upahnya akan dipotong Rp60 ribu. Belum lagi ia harus membayar kontrakannya Rp200 ribu. Hal tersebut membuat An­driani (16), putra sulungnya, harus putus sekolah.

Namun, masa-masa sulit tersebut berhasil keluarga Asep lewati. Kini Arif telah mendapat­kan perawatan dari RSUD Kota Bogor. Kondisinya pun sema­kin membaik, bobotnya yang tadinya hanya 6,6 kilogram kini menjadi 7,7 kilogram. Bah­kan, anak sulungnya kini bisa sekolah kembali berkat ban­tuan donatur. “Alhamdulillah sekarang Arif sudah bisa duduk, beratnya nambah dan sudah mulai banyak bicara. Padahal sebelumnya hanya bisa ber­baring,” ucap Asep bersyukur.