Thursday, 16 May 2024
HomeKabupaten BogorLibur Panjang, Kawasan Puncak Diserbu Wisatawan

Libur Panjang, Kawasan Puncak Diserbu Wisatawan

BOGOR DAILY- Jelang Idul Adha 1438 Hijriah, polisi mulai siaga di Bogor. Diprediksi kawasan itu akan padat diserbu wisatawan.

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bogor memprediksi kepadatan arus lalu lintas pada masa libur Idul Adha di , Kabupaten Bogor, akan terjadi mulai besok.

Untuk itu, sedikitnya 260 petugas akan ditempatkan di titik rawan kemacetan dan kecelakaan, mulai dari Simpang Gadog sampai Puncak Pass.

“Besok mungkin yang non Islam sudah banyak yang naik ke Puncak. Tapi puncaknya tetep hari Jumat setelah salat Id,” kata KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Anaga Budiarso, Rabu (30/8).

Adapun rincian petugas yang ikut siaga di antaranya terdiri dari anggota Satlantas ada 200 personel, Brimob 30 personel dan Sabhara 30 personel. “Mulai besok (hari ini, red) mereka kami siagakan sepanjang Jalur Puncak selama libur Idul Adha 1438 H besok,” bebernya.

Sementara untuk jadwal satu arah akan diberlakukan seperti hari libur biasanya. Yakni pukul 07:00-11:00 WIB satu arah ke Puncak dan pukul 13:00-17:00 WIB ke arah Jakarta namun bersifat situasional. Namun untuk Jumat (1/9) besok, pihaknya hanya akan memberlakukan satu arah ke Jakarta pada sore hari.

“Hari Jumat pagi untuk proses oneway (satu arah, red) kita belum tahu karena kan masih suasana Lebaran. Paling sorenya saja kita berlakukan oneway ke bawah (Jakarta, red), tapi sifatnya masih situasional,” jelasnya.

Kasatlantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama menambahkan, personel yang disiagakan merupakan petugas gabungan dari Polsek Ciawi dan Cisarua.

“Di satu sisi kami melakukan sosialisasi. Kendaraan berat yang melebihi muatan tidak melalui jalur Puncak, kecuali yang mengangkut sembako atau hal lain ke atas. Kita akan lakukan pengecekan check point kendaran yang naik ke atas, meminimalkan kecelakaan lalu lintas,” terang Hasby.

Dalam pengamanan operasi lalu lintas Idul Adha ini, Polisi Militer (PM) dan Dishub juga dikerahkan. Hasby juga mengimbau agar masyarakat yang sedang berlibur mencari informasi mengenai jam diberlakukan satu arah. Dipersilakan melihat akun Polres Bogor, baik di Twitter atau Instagram.

“Kami juga memberi informasi ke pihak hotel-hotel di soal jadwal one way. Ini agar mempermudah aktivitas masyarakat,” tuturnya.

Selain itu, kawasan Nagreg Kabupaten Bandung yang biasanya padat juga akan diberi pengawalan saat Idul Adha. Truk dengan sumbu dilarang melintas di jalur itu.