Tuesday, 7 May 2024
HomeNasionalNah Lho... Mobil Mewah Sitaan KPK Kena Razia

Nah Lho… Mobil Mewah Sitaan KPK Kena Razia

BOGOR DAILY– Petugas Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menemukan mobil sport mewah jenis Porsche yang ternyata diblokir Komisi Pemberantasan Korupsi (). Mobil berplat bodong itu ditemukan saat mereka melakukan razia kelengkapan surat-surat kendaraan di Jakarta Barat beberapa waktu lalu.

Menanggapi temuan itu, Ketua Pansus Angket Agun Gunandjar Sudarsa mengatakan, laporan mengenai tata kelola barang rampasan dan barang sitaan negara tidak sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku, terbukti benar adanya. “Tangan Tuhan mulai bekerja,” ujar Agun.

Tempo hari kata Agun, Juru Bicara Febri Diansyah pernah menyatakan kalau sejumlah barang rampasan atau sitaan yang tidak diserahkan ke Rupbasan, tidak akan disalahgunakan. “Bagaimana dengan kejadian ini? Siapa yang menyalahgunakan?” sindir politikus Partai Golkar itu.

Argumen lain , lanjut Agun, dinyatakan bahwa sudah ada kerja sama antar instansi dengan dalam hal pengelolaan barang rampasan dan sitaaan negara.

Namun, kata Agun, jika membaca pasal 16 dalam perjanjian itu ditambah lagi ketentuan UU Nomor 8 tahun 1981 tdntang KUHAP dan PP 27 tahun 1983, yang berkenaan dengan aset sitaan negara harus dan wajib diadministrasikan dan dikelola di luar instansi penyidik, penuntut dan pemutus perkara.

“Ya ini kan tujuannya agar tidak disalahgunakan, agar ada kontrol,” pungkas Agun.