Saturday, 18 May 2024
HomeKabupaten BogorPolisi Berlakukan Jalur Cijeruk-Caringin Satu Arah

Polisi Berlakukan Jalur Cijeruk-Caringin Satu Arah

BOGOR DAILY– Setelah sekian lama akhirnya Jemba­tan Cisadane yang menghu­bungkan Cijeruk–Caringin, Kabupaten Bogor, akan dip­erbaiki. Ini menyusul mulai berdatangannya alat berat di Kampung Cisalopa, Kecama­tan Caringin, kemarin.

Kepala Subbagian Humas Pol­res Bogor AKP Ita Puspitalena mengatakan, alat berat sudah berdatangan dan sebentar lagi pengerjaan pembangunan akan dilakukan. Sehingga masyarakat yang melintas di kawasan itu agar berhati-hati. Karena tak menutup kemungkinan dampak dari pembangunan akan terjadi kepadatan arus lalu lintas atau kemacetan. “Kita tetap akan ke­rahkan petugas untuk berjaga di sana,” kata Ita.

Hal senada diungkapkan Kasi Pengawasan Sarana Lalu Lintas Dishub Kabupaten Bo­gor Irawadi Sukisman. Men­urutnya, masyarakat diharap­kan bersabar atas rencana perbaikan jembatan ini. Sebab, dari hasil pengawasan Kemen PU, sudah waktunya dipugar. “Jadi ma­syarakat kami minta bersabar. Diperbaiki untuk keselamatan juga kan, daripada nunggu roboh,” katanya.

Untuk mengurai kemacetan, lanjut dia, pihaknya bersama aparat kepolisian akan mela­kukan rekayasa lalu lintas, yakni dengan cara memba­tasi waktu kendaraan berat melintas. Namun, rekayasa itu akan berlaku hanya saat jam-jam sibuk, semisal dari 06:00 hingga 18:00 WIB. “Ja­di kami tahan dulu untuk antisipasi kemacetan parah. Satu jalurnya tetap akan dila­kukan,” imbuhnya.

Di sisi lain, Irawadi menjelas­kan, perbaikan jembatan yang dimaksud adalah memasang jembatan bailey di atas jem­batan yang sudah ada. Jemba­tan itu nantinya diperkirakan mampu menopang kendaraan berat hingga mencapai 75 ton. “Jadi pengerjaannya dua sesi. Jadi, saat satu sesi dikerjakan, di atasnya ada jembatan bai­leynya yang nyambung ke jembatan lama. Jadi ditumpuk. Begitu juga sebaliknya,” tutup­nya.