Sunday, 28 April 2024
HomeBeritaIbunya Dihina, Gibran : "Yo orapopo mas. Maafkan wae...”

Ibunya Dihina, Gibran : “Yo orapopo mas. Maafkan wae…”

BOGOR DAILY– Meme yang dianggap menghina Iriana Joko Widodo viral beredar di beragam platform media sosial di Indonesia.

Dalam meme yang beredar, Iriana dihina memakai kata kesusilaan lantaran kekinian tak memakai jilbab. Padahal, dalam masa kampanye Jokowi pada Pemilu 2014, dirinya memakai jilbab.

Meme tersebut kontan membuat mayoritas warganet marah. Mereka lantas beramai-ramai mengadukan akun Instagram warga_biasa ke akun resmi Mabes Polri di Twitter, yakni @DivHumasPolri dan @CCIPolri.

Tak hanya mengadukan ke akun polisi, warganet juga mengadukan meme tersebut kepada dua putra Iriana dan Presiden Joko Widodo, yakni Rakaningbumi Raka dan Kaesang Pangarep.

Pengaduan itu dilakukan warganet berakun HomeMarchel. Ia mengadukan kepada akun Twitter ,

“Mas @Chilli_Pari ini ada Instagram seperti ini. Beliau lho mas. Terlebih, beliau juga ibu sampeyan. Tolong ditindak mas,” tulis @HomeMarchel sembari mengunggah meme tersebut. Ia juga menuliskan hal yang sama kepada Kaesang.

Namun, reaksi Kaesang dan cukup tenang dan santai menanggapi meme tersebut.

“Biarin. Dimaafkan saja,” tulis @Chilli_Pari. Sementara Kaesang menjawab memakai bahasa Jawa, ”Yo orapopo mas. Maafkan wae.”

Warganet menduga, akun Instagram warga_biasa adalah pembuat dan yang kali pertama menyebar meme tersebut.

Kepala Bagian Penerangan Umum Humas Polri Komisaris Besar Martinus Sitompul menegaskan, bakal mengusut peredaran meme tersebut.

“Kami akan menyelidiki, siapa yang membuat dan kali pertama menyebar meme tersebut,” kata Martinus ketika dikonfirmasi soal kasus itu, Jumat (8/9/2017).