Saturday, 20 April 2024
HomeNasionalIni 5 Nama Hakim Agung Pilihan DPR

Ini 5 Nama Hakim Agung Pilihan DPR

BOGOR DAILY- Komisi III telah menyetujui calon yang telah melakukan uji kelayakan dan kepatutan. Dari lima calon , seluruhnya dinyatakan lolos untuk selanjutnya dilantik menjadi .

Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo mengatakan, kelimanya diputuskan secara aklamasi sebab saat ini terjadi kekosongan di kamar pidana, perdata, agama, militer, dan tata usaha.

“Lima-limanya kita ambil keputusan secara aklamasi dengan pertimbangan bahwa memang kamar-kamar hakim minim sekali. Sekarang ini dikhawatirkan akan banyak menumpukan kasus-kasus yang ada di MA,” kata Bambang usai melakukan fit and proper test di Gedung Parlemen, Jakarta, Rabu (13/9).

Dia juga menilai, calon-calon tadi yang melakukan fit and proper test cukup mempuni. Walaupun, kata dia, ada beberapa yang kurang saat sesi tanya jawab. Bambang pun berpesan kepada lima calon yang lolos dan akan dilantik oleh Joko Widodo pada minggu depan akan membuat citra MA lebih baik.

“Pesan kami calon yang kita putusan dan dipilih dan akan kami tetapkan pada paripurna minggu depan jangan lagi nodai MA dengan korupsi,” tutup Bambang.

Ditemui terpisah, calon tepilih untuk kamar pidana Gazalba Saleh yang saat ini menjabat sebagai Hakim Ad Hoc Tipikor pada pengadilan Negeri Bandung akan melakukan terobosan untuk membuat putusan sebaiknya bersama empat terpilih.

Dia juga menekankan, akan membuat putusan yang seadil-adilnya. Kemudian terkait banyaknya kalangan di MA yang tertangkap tangan oleh KPK, dia ingin memperbaiki citra tersebut.

“Jelas, jadi komitmen enggak korup dan adil seadilnya,” pungkas dia.

Berikut lima nama yang lolos jadi :

1. Hidayat Manao, Kepala Pengadilan Militer Tinggil II, Jakarta

2. Yodi Martono Wahyunandi, Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Tata Usaha Negara Mahkamah Agung RI

3. Gazalba Saleh, Hakim Ad Hoc Tipikor pada pengadilan Negeri Bandung

4. Yasardi, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Banten

5. Muhammad Yunus Wahab, Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Palembang