Siapkan Rp9 Miliar, 4 Jalur Alternatif Puncak Dibikin Mulus

  • Whatsapp

BOGOR DAILY-Jelang pelebaran Jalan raya Puncak, pemerintah kabupaten (Pemkab) Bogor menyiapkan anggaran sebesar Rp9 miliar untuk perbaikan jalur alternatif yang bisa dilalui warga. Sedikitnya ada empat jalur altyernatif yang tersebar di empat kecamatan. Meliputi Cisarua, Ciawi, dan dua jalur Megamendung.

Kepala DPUPR Kabupaten Bogor, Yani Hasan mengatakan, empat titik tersebut telah disiapkan infrastrukturnya untuk dilalui warga. Yakni dengan melakukan pengaspalan jalan.

Read More

“Kami belum buka jalur baru. Hanya memanfaatkan jalur yang ada dengan memperbaikinya agar lebih nyaman,”ungkap Yani.

Menurutnya, keempat titik ini memiliki panjang jalan sekitar 8 Km, dibangun melalui dana APBD 2017 sebesar Rp9 miliar. Ditargetkan, pembangunan akan rampung pada akhir tahun ini. “Tahun ini beres. Progresnya saat ini sudah di angka 30 sampai 40 persen,” terangnya

Sementara itu, Kapolda Jawa Barat (Jabar) Irjen Agung Budi Maryoto juga ikut menanggapi soal keberadaan jalur alternatif saat melakukan pengecekan jalur Bogor-Puncak-Cianjur (Bopuncur).

Menurut Kapolda, memang kalau jalur alternatif diperlebar, kemacetan yang biasa terjadi di kawasan Puncak dapat terurai. Akan tetapi, hal tersebut tidak semudah yang dibayangkan, karena melebarkan jalan tentu membutuhkan biaya yang tinggi, belum lagi kendaraan-kendaraan akan melewati rumah-rumah penduduk. “Tidak mungkin sepertinya. Belum ketika mau dilebarkan akan berbenturan dengan rumah-rumah warga. Maka inilah kesulitannya,” katanya.

Dengan itu, ia berharap, masyarakat dapat mematuhi aturan pada saat aparat kepolisian melakukan penutupan jalur sementara. Hal ini dilakukan agar kendaraan tidak berebut saat melintas, dalam artian pelan namun aman. “Selain kita juga mengingatkan jajaran agar terus layani masyarakat. Kita minta masyarakat agar bersabar ketika ada one way atau ada buka tutup jalur,” harap dia.

Loading...

Related posts