Saturday, 4 May 2024
HomeKabupaten BogorDua dari Lima Titik Relokasi PKL Puncak Mulai Terisi

Dua dari Lima Titik Relokasi PKL Puncak Mulai Terisi

BOGOR DAILY– Pemerintah Kabupaten Bogor menyiapakan lima titik tempat untuk menampung ribuan pedagang kaki lima (PKL) dari mulai Gadog hingga perbatasan Cianjur.

Dari ribuan pedagang kaki lima (PKL) tersebut nantinya akan dibagi menjadi beberapa bagian untuk nantinya mereka berjualan. Hal itu terpaksa dilakukan akibat dari program  pelebaran jalan yang dilakukan Pemerintah Pusat.

Berikut ringkasan dan Uraian kelima tempat untuk menampung Pedagang Kaki Lima (PKL) Bogor.

1. Taman Wisata Matahari (TWM)

Beberapa waktu pemerintah Kabupaten Bogor telah membongkar pedagang kaki lima (PKL) di Bogor untuk tahap pertama yaitu dari mulai Gadog  hingga Taman Safari, dan sebagai konfensasinya Pemkab Bogor bekerjasama dengan Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia menyediakan tempat di Taman Wisata Matahari (TW) dimana ditempat tersebut bisa menampung 160 Pedagang kaki lima (PKL). Namun dari  160 PKL pemerintah Kabupaten Bogor  dibagi menjadi dua tempat yaitu  50 PKL ditempatkan di dalam 110 PKL ditempatkan diluar, namun belakangan informasi yang beredar bahwa tempat tersebut tidak layak.

2. The Reanch

The Reanch sendiri adalah sebuah restoran yang berada di kawasan puncak Bogor posisinya tepat di sebrang Taman Wisata Matahari (TWM). di tempat itu juga pemerintah Kabupaten Bogor dan Persatuan Hotel dan Restoran Republik Indonesia (PHRI) menampung beberapa PKL, namun tidak sebanyak di Taman Wisata Matahari (TWM), The Reanch hanya bisa menampung 20 Pedagang Kaki lima (PKL). PKl yang ditampung adalah bekas pembongkaran tahap pertama beberapa waktu lalu.

3. Lahan Kementerian PUPR

Sama dengan Taman Wisata Matahari dan The Reanch, Lahan milik Pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Perumahan Rakyat dan Penataan Ruang (PUPR) akan dijadikan tempat , namun bedanya lahan tersebut belum di isi oleh para pedagang kaki lima (PKL), dikarenakan pedagang kaki lima (PKL) dari mulai Taman Safari hingga perbatasan Cianjur belum ditata. Nantinya dilahan PUPR akan menampung 50 PKL, tapi hal itu bisa direalisasikan tahun 2018 mendatang pasalnya ada beberapa kendala yanv harus diselesaikan yaitu adanya bangunan liar (Bangli), total ada 47 bangli tercatat di kawasan Puncak Bogor.

4. Lahan PTPN

Dengan luas 5 Hektar lahan PTPN yang berada di Kawasan Puncak Bogor dianggap cocok untuk tempat untuk para pedagang kaki lima (PKL), oleh sebab itu  pemerintah Kabupaten Bogor akan membangun tempat milik negara. Berbagai konsep pun telah di rancang Pemerintah Kabupaten Bogor dalan hal ini Dinas Perdagangan dan Industri (Disperdagin). Rencananya pembangun tersebut akan dimulai pada tahun 2018, Jika itu sudah direalisasi nantinya gedung tersebut sedikitnya 310 PKL akan mengisi gedung tersebut.

5. PT Sumber Sari Bumi Pakuan

Sama dengan PTPN, PT Sumber Sari Bumi Pakuan (SSBP) menjadi salah satu tempat yang akan disediakan Pemerintah Kabupaten Bogor, namun untuk PT. Sumber Sari Pakuan masih ada beberapa kendala yang belum fixs dari segi administrasi namun pemkab Bogor berjanji 2018 sama PTPN pembangunan akan segera di bangun. Namun setelah bangunan tersebut sedikitnya ada ratusan PKL juga yang akan ditampung namun pemerintah Kabupaten Bogor tidak memberikan penjelasan berapa total PKL yang akan ditampung.