Monday, 13 May 2024
HomeBeritaTol Becakayu Beroperasi Mulai November

Tol Becakayu Beroperasi Mulai November

BOGOR DAILY- Pengerjaan infra­struktur jalan jadi prioritas Presiden Joko Widodo (Jokowi) di tahun-tahun terakhir kepemimpinannya. Termasuk pembangunan jalan bebas hambatan yang akan menghubungkan tiga wilayah padat. Sebagian ruas Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu atau Becakayu segera dioperasikan mendatang.

Sepanjang 8 km yang menyambungkan Cipinang Melayu, Pangkalan Jati dan Jakasampurna di Bekasi sepanjang 8,26 km saat ini sudah dalam tahap penyelesaian (finishing) menunggu proses uji coba.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono telah meninjau progres tol ini langs­ung pada Minggu (22/10) dan akan dilaporkan ke Presiden Jokowi untuk diresmikan dalam waktu dekat. ”Saya ingin me­lihat langsung ke lapangan progres dan akan saya laporkan kepada Presiden di sidang kabinet,” katanya.

Meski baru sebagian yang di­resmikan, namun kehadiran tol ini diharapkan dapat mengurangi kemacetan yang kerap terjadi di Jalan Raya Kalimalang dan Tol Jakarta Cikampek yang kerap mengalami penumpukan volume kendaraan di gerbang Tol Halim.

Kepala Biro Komunikasi Pu­blik Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja menambahkan, kehadiran akan menambah kapasitas jalan serta menambah pilihan peng­guna jalan dan membuat jarak tempuh perjalanan menjadi jauh lebih cepat. Saat ini wak­tu tempuh bagi warga Kota Bekasi menuju Jakarta sekitar dua jam perjalanan. Nanti di­harapkan menjadi lebih sing­kat, satu jam setengah perja­lanan. Hal ini karena Tol Be­cakayu terkoneksi dengan Tol Wiyoto Wiyono dan Tol Ling­kar Luar Jakarta (JORR).

”Apabila telah rampung seluruhnya, pengguna jalan dari Bekasi menuju Jakarta Pusat atau ke Jakarta Utara tidak perlu lagi melewati tengah kota, tetapi bisa memanfaatkan ,” jelasnya.

Kehadiran juga akan meningkatkan kelancaran lalu lintas kendaraan logistik yang menuju Karawang, Cibitung dan Bandung sebagai akibat terpecahnya arus lalu lintas se­hingga mengurangi volume lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek.

Saat ini progres konstruksi secara keseluru­han telah mencapai 45,61 persen. Seksi 1A dari DI Pan­jaitan-Cipinang sepanjang 3,19 km ditargetkan rampung pada April 2018. Sedangkan untuk keseluruhan, jalan tol ini di­targetkan bisa beroperasi pada 2021