Saturday, 27 July 2024
HomeBeritaIihh.... Bangkai Tikus Jadi Bahan Baku Pembuatan Miras

Iihh…. Bangkai Tikus Jadi Bahan Baku Pembuatan Miras

BOGOR DAILY- Minuman keras di Indonesia termasuk yang diawasi dengan ketat peredarannya. Hal ini karena sebagian besar masyarakat Indonesia beragama Islam.

Meskipun begitu, di beberapa tempat yang mayoritas masyarakatnya beragam non Islam dibangun pabrik minuman keras. Misalnya aja di Bali, ada sebuah pabrik pengolahan wine asli Pulau Dewata.

Pabrik tersebut boleh saja beroprasi selama ada izinnya. Sayangnya, banyak pabrik penghasil minuman keras yang terselubung dan tidak memiliki izin resmi dari pemerintah.

Pada Rabu (22/11/2017), polisi menggerebek pabrik minuman keras di pelabuhan laut Merauke, Kabupaten Merauke, Papua.

Pihak kepolisian berhasil menyita 20 liter sopi atau sulingan alkohol dari sadapan pohon aren. Selain itu, polisi juga menyita ember, dandang, drum besi, dan kompor yang digunakan sebagai media .

Hasil dari penggeledahan ini polisi menemukan satu hal yang menjijikkan.Ada di dalam ember. Setelah diinvestigasi, ternyata tersebut merupakan bahan baku dari pembuatan sopi ini.

“Yang aneh, ketika kami mendapati adanya dari milik pria berinisial ST (30) warga Jalan Muhamad Yamin Merauke,” ungkap Kapolres Merauke, AKBP Bahara Marpaung.

Polisi masih mendalami kasus ini. Pemeriksaan intensif terhadap ST serta uji lab juga dilakukan. “Saat ini ST masih menjalani pemeriksaan secara intensif, sambil menunggu hasil uji laboratorium terhadap sampel minuman keras yang kami sita. Belum kami tetapkan pasal apa yang akan kami terapkan untuk menjerat pelaku,” katanya.