Saturday, 29 June 2024
HomeBeritaIkutan Lomba Lari, Guru Olahraga Asal Jakarta Malah Tewas

Ikutan Lomba Lari, Guru Olahraga Asal Jakarta Malah Tewas

BOGOR DAILY- Duka menyelimuti ajang lari Bromo Tengger Semeru (BTS). Salah seorang peserta, Andi Nursaiful asal Jakarta ditemukan di tengah-tengah rute lari. Korban diduga mengalami serangan jantung ketika sedang berlari.

Sepupu korban, Alfath Mappakaya, 50, mengatakan jika korban pertama kali ditemukan oleh teman sesama pelari. ”Pertama kali ditemukan dikira pingsan. Setelah dicek ternyata sudah tidak bernyawa,” ujarnya ketika ditemui di Kamar Mayat Rumah Sakit Dr Saiful Anwar Kota Malang.

Alfath menambahkan Andi sebenarnya sudah sering mengikuti perlombaan lari. Pria 48 tahun itu juga gemar mendaki gunung. Andi juga pernah mendaki Gunung Semeru. Karena itu, pihak keluarga cukup kaget begitu mengetahui Andi meninggal ketika sedang mengikuti lomba. Apalagi, status Andi merupakan yang tentunya memiliki kondisi fisik yang prima untuk mengikuti lomba.

”Kurang tahu pasti (penyebab meninggalnya, Red). Sementara dari dokter katanya ada serangan jantung,” kata Alfath.

Sementara itu, mewakili pihak panitia, Florenciano Hendricus Mutter menerangkan Andi mengikuti lari jarak 70 km dengan start di Cemorokandang. Dia menyebut Andi ditemukan pingsan di sekitar Ranupane di kilometer 18. ”Jalan turun arah Ranupane, baru 18 km,” terangnya.

Dia sendiri kurang mengetahui penyebab pasti meninggalnya Andi. ”Katanya sesak napas. Lagi lari, kemudian sesak napas, duduk terus tiduran,” paparnya. Florenciano mengatakan, rute yang ditempuh Andi start pada Sabtu (4/11) pukul 01.00 WIB. Event lari ini digelar 3-5 November dan diikuti 1.000 peserta dari 34 negara.

Terpisah, istri Andi, Tutut Nursaiful yang datang langsung dari Jakarta mengaku jika suaminya tersebut tidak mengeluhkan apapun ketika akan berangkat. Bahkan, dirinya juga sempat mengantarkan suaminya tersebut ke bandara.

Perempuan berkerudung itu menyebut kalau suaminya memang sering mengikuti . ”Tapi untuk BTS baru kali ini,” jelasnya.