Friday, 29 March 2024
HomeBeritaPresiden AS Sampai PM Australia Puji Indonesia

Presiden AS Sampai PM Australia Puji Indonesia

BOGOR DAILY-Indonesia banyak mendapat pujian di forum Kerja Sama Ekonomi Negara-negara Asia-Pasifik (APEC). Setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump memuji Indonesia, Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull juga menilai Indonesia secara positif.

“(Selain Trump yang memuji) tadi itu juga yang jelas-jelas disebutkan (yakni) oleh Malcolm Turnbull,” kata Wakil Menteri Luar Negeri RI, AM Fachir, di sela pertemuan Kerja Sama Ekonomi Negara-negara Asia-Pasifik (APEC) di Furama Resort, di 105 Vo Nguyen Gyap, Ngu Hanh Son, Da Nang, Vietnam, Jumat (10/11/2017) malam.

Turnbull dikatakannya menilai bagus Indonesia dalam hal upaya menyinergikan Kemitraan Ekonomi Menyeluruh Regional tingkat ASEAN dengan perdagangan bebas Asia-Pasifik. Indonesia juga dinilai baik dalam hal mengupayakan peningkatan indeks kemudahan berbisnis.

“Tadi yang cukup memberikan apresiasi dan pandangan positif terhadap sinergi itu tadi adalah Australia, terutama dalam hal perdagangan,” kata Fachir.

Presiden RI Joko Widodo menyampaikan dalam forum APEC ASEAN bahwa sinergi dan kerja sama yang menguntungkan perlu didorong. Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) perlu diberi perhatian.

Sebelumnya, Trump menyatakan pujian itu dalam pidato pembukaan APEC. Disebutnya, Indonesia telah mampu mengelola wilayah yang luas, yang terdiri dari belasan ribu pulau. Indonesia menjadi negara dengan pertumbuhan tercepat di kancah G20.

“Sejak 1990-an, rakyat Indonesia telah mengangkat diri mereka dari kemiskinan untuk menjadi negara dengan pertumbuhan tercepat di G20. Saat ini Indonesia adalah negara demokrasi terbesar ketiga di dunia,” kata Trump.