Wednesday, 24 April 2024
HomeKota BogorTarif Tol Borr Sentul-Yasmin Bakal Dipatok Rp10 Ribu

Tarif Tol Borr Sentul-Yasmin Bakal Dipatok Rp10 Ribu

BOGOR DAILY-Proyek pembangunan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) seksi II B yang menghubungkan Kedungbadak-Simpang Yasmin terus dikebut sesuai rencana. Proyek ini akan rampung pada akhir Februari 2018.

Saat ini PT Marga Sarana Jabar (MSJ) selaku pengelola jalan bebas hambatan itu telah melakukan hitung-hitungan untuk tarif tol tersebut. Direktur Utama PT MSJ Hendro Atmojo mengatakan,

jika pembangunan Tol BORR seksi II B selesai, pihaknya akan mengenakan tarif Rp10 ribu kepada setiap mobil yang melintas. “Itu berlaku dari pintu masuk Sentul sampai keluar Yasmin,” kata Hendro di peresmian tiga Gardu Tol (GT) di gerbang Tol Sentul Barat, kemarin.

Namun sebelum itu diterapkan, pihaknya harus mendapat persetujuan dari Kementerian Perhubungan. “Kalau secara hitung-hitungan memang tarifnya Rp10 ribu, tapi nanti harus menunggu persetujuan dari kementerian dulu,” jelasnya.

Setelah proyek jalan seksi II B rampung, pembangunan jalan tol sesi 3A sepanjang 3,8 kilometer akan dilanjut tahun depan mulai ruas Yasmin hingga Semplak. Hendro menargetkan ruas Yasmin-Semplak dikerjakan sekitar Mei 2018 mendatang. “”Sekarang sedang penlok (penetapan lokasi). Nanti Kementerian Pekerjaan Umum (PU) yang melakukan pembebasan lahan. Kami juga akan koordinasi dengan PPK (pejabat pembuat komitmen) terkait lanjutan jalan tol ini,” kata Hendro.

Project Manager PT Wijaya Karya Tbk, Ali Afandi mengatakan, kemajuan pembangunan jalan tol layang segmen 2B sepanjang 2,65 km, kini baru mencapai 62 persen.

Meskipun ada kendala utilitas dan traffic di sekitar proyek, dia optimistis pengerjaan tol layang rampung Februari mendatang.

“Sebagian besar box greder dari dua arah sudah terpasang. Di zona 1 sudah terpasang 15 bentang dan zona 2 ada 6 bentang. Pemasangan greder juga sudah melewati Simpang Yasmin,” tutur Ali.

Untuk mencapai target pembangunan, tambah Ali, pemasangan greder juga dipercepat dari jadwal sebelumnya. “Target awal 1 bentang 10 hari dipercepat jadi 7 hari,” kata dia. Pembangunan Lingkar Luar Bogor dibagi menjadi tiga bagian. Yaitu sesi 1 sepanjang 3,8 km dari Sentul Barat hingga Kedunghalang.

Kemudian Seksi 2A dan 2B sepanjang 4,1 km menghubungkan Kedunghalang hingga Simpang Yasmin. Setelah itu dilanjutkan hingga ke Simpang Salabenda atau Semplak.

Sesi 1 adalah ruas jalan tol Sentul Selatan – Kedunghalang sepanjang 3,85 kilometer dan telah beroperasi sejak November 2009. Sedangkan sesi 2 dibagi atas dua segmen, yakni segmen 2A Kedunghalang-Kedung Badak yang telah beroperasi sejak Mei 2014 lalu sepanjang 1,95 km, dan segmen 2B sepanjang 2,65 km yang kini tengah dikerjakan mulai dari Kedunghalang hingga Simpang Yasmin.