Derby Panas

BOGOR DAILY Sebuah partai panas nan krusial akan tersaji di pekan 16 Premier League musim ini. Dua tim teratas di klasemen EPL, Manchester City dan Manchester United, akan saling berduel di Old Trafford, Minggu (10/12).

Baik Manchester City maupun Manchester United tampil sempurna di awal musim ini. Kedua tim saling kejar-mengejar di puncak klasemen, sebelum akhirnya Manchester United tersandung saat berhadapan dengan Huddersfield Town, beberapa minggu lalu.

Kondisi ini membuat The Citizens kokoh di puncak klasemen dengan raihan 43 poin, sementara United teringgal delapan poin di peringat dua dengan raihan 35 poin. The Citizens sendiri memang terkenal tampil galak musim ini di ajang EPL. Mereka tak hanya menang di setiap pertandingan, namun selalu tampil mencolok.

Dari 15 pertandingan terakhir mereka di ajang EPL, anak asuh Josep Guardiola ini sudah mencetak 46 gol, yang jika dirata-rata maka mereka mencetak tiga gol setiap pertandingan. Karenanya, Manchester Biru itu sudah menjelma menjadi hiu haus darah yang tidak pernah puas mencari mangsa.

Namun beberapa minggu terakhir, kebuasan City sendiri secara perlahan mulai mengalami penurunan. Lima pertandingan terakhir mereka didapatkan dengan cukup susah payah, di mana mereka baru mencetak gol kemenangan di menit-menit akhir laga.

Puncak penurunan performa ini terlihat saat mereka dikalahkan Shakhtar Donetsk, tengah pekan lalu dengan skor 2-1, sehingga masih ada harapan bagi United menjinakkan tetangga mereka itu pada akhir pekan nanti.

Jika dibandingkan dengan tetangga mereka, MU memang tidak sedominan City dalam menguasai pertandingan. Namun, pasukan Setan Merah ini tergolong konsisten dengan performa mereka. Sehingga kendati mereka tidak selalu menang besar, mereka tetap meraih tiga poin yang krusial sehingga berpotensi menjadi sandungan bagi tetangganya tersebut.

Jika menilik sejarah pertemuan kedua tim, United lebih dari sekadar sanggup menjadi batu sandungan bagi Manchester City. Mereka tercatat hanya kalah satu kali di enam pertemuan terakhir melawan sang tetangga, di mana terakhir kali kedua tim bermain di Old Trafford, MU mampu menyingkirkan Manchester City di ajang EFL Cup dengan skor tipis 1-0. Setan Merah sendiri juga belum menderita kekalahan di 40 laga terakhir mereka di Old Trafford, sehingga akan menjadi tantangan besar bagi Manchester City menodai rekor apik tersebut.

Pertandingan pekan ke-16 EPL ini akan menjadi ujian berat bagi barisan penyerang The Citizens, sebab akan menghadapi tembok kokoh bernama David De Gea. Pada minggu lalu, kiper Timnas Spanyol itu sukses mematahkan 14 peluang matang Arsenal sehingga timnya mampu mencuri kemenangan 1-3 di Emirates Stadium. Karena itu, para penyerang The Citizens harus mengeluarkan kemampuan terbaiknya untuk membobol kiper tangguh ini.

Derby Manchester pertama musim ini bisa dikatakan akan menjadi laga pembuktian seorang Jose Mourinho. Maklum, pelatih asal Portugal ini tercatat hanya menang satu kali di enam pertandingan Liga melawan Josep Guardiola, sehingga ia ingin mengoyak rekor tersebut di depan puluhan ribu penggemar fanatik Setan Merah di akhir pekan nanti.

Di kubu tim tamu, Josep Guardiola datang ke Old Trafford juga tanpa diperkuat beberapa pemain pilarnya seperti Benjamin Mendy dan John Stones. Sementara David Silva kondisinya masih diragukan setelah Pep menyebut sang gelandang mengalami cedera.

Pep sendiri kemungkinan besar akan menurunkan skema 4-3-3 dengan Sergio Aguero sebagai pusat serangan mereka. Aguero nantinya akan dibantu pergerakan Leroy Sane dan Raheem Sterling dari sektor sayap. Di lini pertahanan, Vincent Kompany akan kembali berduet dengan Nicolas Otamendi untuk mengawal Ederson Moraes di jantung pertahanan The Citizens.