Friday, 29 March 2024
HomeBeritaMomen Langka, Kantung Ketuban Bayi Ini Masih Utuh

Momen Langka, Kantung Ketuban Bayi Ini Masih Utuh

BOGOR DAILY-Tak ada yang menyangka, seorang bayi di Spanyol lahir dengan kondisi masih di dalam kantung ketuban lewat operasi caesar. Kasus ini sangat langka dan diperkirakan hanya terjadi satu dari 80.000 bayi.

Kejadian di Spanyol ini sempat direkam dan videonya sudah ditonton lebih dari 6,8 juta orang kurang dari satu hari saja. Video itu pun menjadi viral di media sosial.

Dalam video, kantung ketuban diletakkan di meja dengan bayi telihat jelas beserta plasenta dan tali pusarnya. Bayi mungil itu pun bergerak-gerak di dalam ketuban, seolah sudah siap untuk lahir ke dunia.

Tim dokter kemudian langsung menggunting kantung ketuban dan mengeluarkan si bayi mungil. Para dokter pun merasa takjub melihat kejadian ini yang mungkin akan menjadi momen sekali dalam seumur hidup.

Bayi ini lahir setelah kembarannya yang lahir normal. Umumnya, ketuban akan pecah sebelum bayi keluar dari rahim ibunya. Ada juga kasus ketuban pecah lebih dini sebelum waktunya melahirkan. Dalam proses operasi caesar, dokter akan merobek lapisan ketuban dengan pisau bedah.

Kantung ketuban di dalam rahim ibu berisi cairan. Cairan tersebut melindungi bayi dari guncangan. Di dalam kantung ketuban, bayi pun tumbuh dan berkembang serta mendapat makanan dari ibu dan oksigen.