Thursday, 18 April 2024
HomeBeritaMotor Boleh Lewat Bundaran HI-Monas Lagi

Motor Boleh Lewat Bundaran HI-Monas Lagi

BOGOR DAILY- Sejumlah pemotor sudah ada yang melintasi ruas Jalan Thamrin-Monas, Jakarta Pusat. Meski rambu larangan belum dicabut, polisi tidak akan menindak pemotor yang melintas di ruas jalan tersebut.

“Tidak ada penindakan, kecuali tersebut melakukan pelanggaran lain, misalnya tidak menggunakan helm,” kata Kasubdit Penegakan Hukum (Gakkum) Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto, Rabu (10/1/2018).

Budiyanto mengatakan pihaknya menghormati putusan Mahkamah Agung (MA) yang membatalkan Pergub DKI Jakarta No 195 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Pergub DKI Jakarta No 141 Tahun 2015 tentang Pembatasan Lalu Lintas Sepeda . Polisi siap melaksanakan putusan tersebut.

“Saat ini kami masih berkoordinasi dengan Pemprov DKI untuk menentukan tindak lanjut terkait putusan MA tersebut,” imbuhnya.

Sementara itu, Budiyanto menyarankan Dinas Perhubungan DKI mencabut rambu. Hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahpahaman polisi dan pemotor di lapangan.

“Kepada anggota juga sudah kami sosialisasikan,” imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra menyayangkan pencabutan larangan melintas. Pembatasan sepeda melintas dinilai menurunkan angka kecelakaan lalu lintas dan efektif mengurangi kemacetan.

Halim mengusulkan untuk diberlakukan pembatasan sepeda yang melintas di ruas jalan tersebut. Salah satunya menerapkan sistem ganjil-genap.

sumber: detik.com