Wednesday, 8 May 2024
HomeKabupaten BogorSelama Pilkada, Calon Bupati Punya Pengawal Pribadi

Selama Pilkada, Calon Bupati Punya Pengawal Pribadi

BOGOR DAILY-Demi keamanan para calon Bupati dan Wakil Bupati Bogor, Kepolisian Resor Kabupaten Bogor siapkan keamanan ekstra ketat.

Tak tanggung-tanggung sebanyak 40 anggota kepolisian akan dikerahkan menjadi pengawal pribadi (Walpri) yang melakat pada calon.

Anggota kepolisian yang menjadi Walpri dibekali dengan kemampuan khusus.

Kapolres Bogor AKBP AM Dicky menyampaikan pengawalan akan dilaksanakan mulai ditetapkannya pasangan calon dari KPU hingga pengumuman hasil pemilihan.

“Walpri ini melakukan pengamanan melekat pada bakal calon. Mulai tanggal penetapan calon 12 Februari 2018 hingga tahapan Pilbup selesai,” paparnya saat melakukan pembekalan pengawal pribadi (walpri) 2018 di Mapolresta Bogor, Selasa (16/01/2018).

Jumlah 40 anggota Walpri tersebut disesuaikan dengan jumlah pasangan yang ikut dalam kontestasi Pilbup 2018 yakni lima pasangan.

Masing-masing calon akan dikawal oleh 4 orang anggota polri selama 24 jam secara bergantian.

Sebelum menjadi pengawal anggota walpri akan dibekali kemampuan khusus standar pengawalan dan akan dilakukan latihan khusus bersama walpri-walpri se-Polda Jawa Barat. P

Pengamanan perseorangan, kemampuan menembak, kemampuan untuk melindungi dan penyelematan.

Upaya ini dilakukan untuk meningkatkan keamanan para calon. Selain itu juga kehadiran walpri akan mempermudah koordinasi terkait keamanan.

“Aktivitas para pasangan calon tentunya padat, mulai dari masa kampanye hingga pemungutan suara nanti. Dengan adanya walpri, sehingga lebih mudah berkoordinasi terkait keamanan nantinya,” tambahnya.