Thursday, 25 April 2024
HomeKabupaten BogorSopir Ojek Online Ini Urus Ponpes dan Gratiskan Biaya Mondok

Sopir Ojek Online Ini Urus Ponpes dan Gratiskan Biaya Mondok

BOGOR DAILY- Di balik kesederhanaan Endang Iriawan sebagai sopir , ia pun punya kesibukan mengurus pondok pesantren. Ya, di Pondok Pesantren Nurul Iman itulah Endang menghidupi anak-anak asuhnya. Bahkan, ia pun suka menawarkan teman-temannya sesama sopir untuk memondokkan anaknya di pesantren miliknya tanpa biaya.

Tak kurang dari 126 santri tinggal di miliknya. Kebanyakan mereka berasal dari keluarga tak mampu. Endang mengaku ingin menyiapkan para santrinya sebagai generasi penghafal Alquran.

Awalnya saya bekerja mekanik elektrik khusus wilayah luar Pulau Jawa. Lalu memutuskan berhenti karena tidak bisa fokus mengurus pesantren. Pulangnya harus nunggu enam sampai delapan bulan. Akhirnya barulah bergabung di GO-JEK,” kata Endang.

Ia mengaku merasa nyaman di perusahaan tersebut karena punya banyak waktu untuk mengontrol penuh anak asuhnya. Pondok pesantrennya itu diketahui sudah berumur 12 tahun.

Saya sedang belajar ilmu agar tak dikenal orang. Selain itu, bagaimanapun juga GO-JEK ini jugalah yang berjasa ikut membesarkan pondok saya,” ujar Endang.

Menurut Endang, tidak semua santri yang belajar di pondoknya dipungut biaya. Bahkan, ia juga menawarkan bantuan untuk anak para driver GO-JEK yang yatim atau tidak mampu yang ingin belajar Alquran. Endang akan menanggung semua biaya pondok, termasuk makan dan kebutuhan sehari-harinya.

Fakir pun diayominya. “Lalu yang kedua adalah fakir, fakir itu dia ada penghasilan tapi tidak memenuhi. Itu saya lihat kondisi, kadang saya tidak ambil biaya. Begitu pula yang miskin atau penghasilannya tidak menentu,” pungkasnya.