Monday, 20 May 2024
HomeKabupaten BogorTolong...Nenek Asal Cigombong Ini Nyasar di Manggarai

Tolong…Nenek Asal Cigombong Ini Nyasar di Manggarai

BOGOR DAILY-Mintarsih (70) ditemukan telantar di kawasan Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (10/1/2017). Petugas pelayanan, pengawasan, dan pengendalian sosial (P3S) Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan, Kartini, mengatakan, Mintarsih telantar lantaran tak kunjung menemukan alamat rumah kedua anaknya yang belakangan diketahui sudah lama pindah dari Jakarta.

Mintarsih awalnya ditemukan anggota Polsek Tebet di dekat Stasiun Manggarai. Ia mengaku berangkat dari rumahnya di Kampung Gembrong RT 002 Desa Ciadeg, Cigombong, Bogor, Jawa Barat, ke Jakarta untuk menemui kedua anaknya.

“Ini nenek dari Bogor ke Jakarta mau ke rumah anaknya, tetapi dia kehabisan ongkos dan diantarkan warga ke Polsek Tebet. Setelah ditanya, nenek ini sudah dua hari di Jakarta, telantar. Ditanya rumah anaknya hanya tahu patokannya bioskop gembira di Jalan H Kawi, kawasan Setiabudi, sedangkan nomor telepon yang bisa dihubungi enggak ada, KTP si nenek juga enggak ada,” kata Kartini ketika dihubungi, Kamis (11/1/2018).

Berbekal informasi tersebut, pihaknya mengantarkan Mintarsih ke lokasi yang dimaksud. Sayangnya, warga setempat hingga sesepuh di Jalan Kawi tidak ada yang mengenal atau mengetahui keberadaan anak Mintarsih, yakni Mat Husin dan Mat Hasan.

Mintarsih diduga memiliki demensia sehingga tidak mengingat kejadian secara utuh. Sebab, berdasarkan keterangan warga, pemerintah telah menggusur kawasan tersebut sekitar tahun 1980 sehingga banyak warga yang pindah.

“Kami sudah menanyakan kepada warga setempat, bahkan sesepuh asli situ, tidak ada yang kenal juga. Menurut keterangan warga di sana, banyak warga tahun 1980-an sudah kena gusur dan setelah kami tanyakan keberadaan anaknya, Mat Husin dan Mat Hasan, tidak seorang pun yang mengenal mereka,” kata Kartini.

Petugas kemudian membawa si nenek ke Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya 1 Kedoya, Jakarta Barat, sebelum dipulangkan ke tempat tinggal asalnya.

Bagi pihak keluarga atau warga yang mengenal Mintarsih dapat segera menghubungi Dinas Sosial DKI Jakarta melalui akun Twitter @DinsosDKI1 atau nomor telepon 0856-8258-990.