Monday, February 6, 2023
HomeNasionalMacet Parah, Perjalanan Jakarta-Bandung Sampai 10 Jam

Macet Parah, Perjalanan Jakarta-Bandung Sampai 10 Jam

IIMS

BOGOR DAILY-Perjalanan dari Jakarta menuju Kota Bandung memerlukan waktu tempuh 10 jam lebih, Kamis (15/2/2018). Waktu tempuh yang tidak biasa. Sebab, biasanya perjalanan Jakarta-Kota Bandung hanya tiga jam.

Dodi, warga Kota Bandung, yang bekerja di sebuah lembaga pemerintahan, berangkat dari pool travel DayTrans, Jalan Kebon Jeruk Raya, Jakarta Pusat, menuju Kota Bandung, pada Kamis pukul 20.00 WIB. Karena jalanan macet, ia baru sampai di Kota Bandung pada Jumat pukul 06.30 WIB.

“Seperti lebaran, macetnya parah banget,” ujarnya di tengah perjalanan menuju Kota Bandung, Kamis (15/2/2018).

Travel menjadi pilihan kedua Dodi setelah tidak mendapatkan tiket kereta api. Ia sudah beberapa hari berusaha mendapatkan tiket kereta api melalui aplikasi pembelian tiket daring, namun semua kursi telah terbeli.

Perjalanan Dodi dari Jakarta-Bandung mungkin akan lebih lama jika sopir DayTrans tak mengambil keputusan menyusuri jalan-jalan di pinggir Jakarta hingga masuk ke Bekasi. “Maaf, Jakarta macet luar biasa. Bagaimana kalau kita lewat Bekasi, lalu masuk lagi ke tol?” tanya sopir Daytrans kepada para penumpang.

Semua penumpang mengiyakan pilihan tersebut. Jakarta memang sangat padat. Bahkan hingga ke gang-gang di Jakarta Pusat, sesak oleh kendaraan, baik mobil maupun sepeda motor.

Sebagai gambaran, pejalanan dari gedung Kompas Gramedia di Jalan Pal Merah menuju pool  DayTrans di Jalan Kebon Jeruk Raya, yang mestinya hanya butuh waktu 10 menit, malam itu, perjalanan ditempuh dalam waktu 30 menit. Itu pun sudah memotong jalan masuk ke jalan-jalan kecil.

Maka, bisa dibayangkan bagaimana macetnya jalan-jalan di jalur utama hingga masuk ke gerbang Tol Cikampek.

Jalan-jalan utama itu disesaki mobil hingga empat lajur. Para pengendara sepeda motor hanya kebagian di tepian. Karena ruang sangat sempit, mereka melaju sangat pelan menunggu ada sela untuk maju.

Setelah para pengendara moboil, termasuk bus-bus travel berhasil menerobos kemacetan di jalanan Jakarta, mereka harus berjuang mengatasi kemacetan di dalam tol.

Di tol, jalan yang dirancang agar para pengendara bisa bergerak cepat tanpa hambatan, kondisinya tak jauh berbeda ketika mobil-mobil itu berjuang dari hambatan mobil-mobil yang melaju sangat pelan di depannya.

Kemacetan luar biasa itu satu di antaranya karena akhir pekan yang berbarengan dengan libur tanggal merah memperingati tahun baru Imlek 2018.

Sehingga banyak orang-orang dari Jakarta yang berlibur ke Bandung. Atau orang-orang Bandung yang bekerja di Jakarta pulang ke Bandung lebih awal dari akhir pekan biasa, pada Jumat.

sumber: Tribunnewsjabar.com

Berita Terbaru

Gabung dengan Kami

Loker Bogor Daily

Invitation Investor Gathering

Anton S Suratto

Perumda Tirta Pakuan

PAN Jawa Barat

Harlah PPP

Dirgahayu PDI Perjuangan

RSUD Ciawi

RSUD Leuwiliang

Antam

Harlah 1 Abad Nahdlatul Ulama

Perumda Tirta Kahuripan

Sienna Residence bogor

UIKA Bogor